Sebelum Menikah, Bicarakan 7 Hal Ini dengan Pasangan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Oct 2017 16:58 WIB
tips & trik
Sebelum Menikah, Bicarakan 7 Hal Ini dengan Pasangan
(Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernikahan adalah salah satu langkah besar dalam fase kehidupan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dibicarakan sebelum melangkah ke jenjang lebih serius dengan pasangan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang sebaiknya dikompromikan dengan pasangan sebelum melangkah ke pelaminan.

1. Tempat tinggal

Rumah menjadi kebutuhan primer yang pertama kali harus dipikirkan. Apakah setelah menikah Anda akan menumpang di rumah orang tua, atau sebaliknya membeli rumah sendiri. Masing-masing pilihan tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan sehingga harus dipertimbangkan secara matang. Satu hal, pastikan Anda dan pasangan memiliki dana sendiri jika memilih berpisah dengan orang tua.

2. Anak

Tidak semua orang ingin langsung memiliki anak setelah menikah. Jadi, ada baiknya membicarakan hal ini pada pasangan Anda. Membicarakan masalah anak juga penting untuk pengaturan finansial keluarga kedepannya. Jika Anda berkomitmen untuk segera memiliki momongan, artinya Anda harus mulai menyiapkan tabungan untuk kebutuhan si kecil sekaligus masa depannya.

3. Karier

Terutama untuk wanita, apakah Anda ingin tetap berkarier setelah menikah, atau fokus menjadi ibu rumah tangga. Apapun pilihan Anda, pastikan untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan. Ini penting untuk menghindari perdebatan di kemudian hari. Sebelum membuat pilihan, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti apakah kondisi finansial aman-aman saja jika hanya satu pihak yang bekerja, apakah Anda yakin tidak akan menyesali pilihan Anda kedepannya, dan lain-lain.

4. Keuangan

Terbukalah dalam hal pendapatan, pengeluaran, hutang, atau hal-hal yang berhubungan dengan keuangan sebelum menikah.

5. Kepercayaan

Kepercayaan bisa terkait agama atau pola pikir yang disenangi, dimana hal ini audah terlihat saat masa pacaran, namun perlu dicari solusi untuk menyeimbangkan perbedaan tersebut.

6. Waktu pribadi

Meskipun sudah memiliki pasangan, memiliki waktu untuk diri sendiri tetap diperlukan. Bicarakan dengan pasangan bagaimana kelak membagi waktu untuk keluarga atau teman-teman.

7. Kesehatan

Apakah Anda sudah mengetahui riwayat kesehatan pasangan sebelumnya? Meskipun isu ini cukup sensitif, namun sebaiknya Anda membicarakannya agar tahu langkah apa yang diambil selanjutnya jika ingin melanjutkan ke jenjang lebih serius.




(DEV)