Menggendut Setelah Menikah? Ini Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 03 Jun 2017 19:36 WIB
pernikahan
Menggendut Setelah Menikah? Ini Penyebabnya
Menggendut Setelah Menikah? Ini Penyebabnya (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Euforia pernikahan telah berakhir dan saatnya menghadapi berbagai urusan terkait masalah rumah, aturan yang dibuat bersama, dan membiasakan diri tinggal bersama.

Meskipun beberapa wanita mengalami penurunan berat badan menjelang hari pernikahan, tak sedikit yang mengalami kenaikan berat badan beberapa saat setelahnya. Mengapa demikian? Berikut beberapa penyebabnya.

1. Susah mengendalikan pola makan
Berbagai hal seperti menyiapkan pernikahan, bertemu banyak orang saat hari pernikahan, hingga bulan madu membuat Anda cenderung makan makanan dari luar. Selain itu, hal-hal setelahnya, seperti mengurus rumah baru, juga bisa membuat stres. Kombinasi dari kedua hal itu adalah kekurangan nutrisi seperti vitamin B, kalsium, dan sebagainya. Hal tersebut dapat memicu rasa lapar karena kekurangan energi.

2. Perubahan pola makan
Tak sedikit wanita yang pertama kali memasak saat menikah. Tubuh yang terbiasa dengan rasa tertentu cenderung akan mengalami perubahan sesuai dengan selera orang-orang yang akan mencicipinya, seperti keluarga pasangan, dan mengadopsi metode memasak mereka. Hal tersebut akan berpengaruh pada pola pencernaan dan kebiasaan makan secara keseluruhan.

3. Lebih sering makan di luar
Setelah makan, kesempatan makan di luar lebih besar karena tak hanya di akhir pekan saja, namun juga di hari kerja. Bahkan, makan di luar juga akan semakin sering dilakukan bersama orang-orang baru untuk memperakrab diri. Padahal, makanan luar cenderung banyak kalori dan kurang nutrisi.

4. Perubahan prioritas
Berbeda dengan saat masih lajang, setelah menikah akan ada perubahan prioritas di mana Anda menomerduakan diri sendiri. Anda tak masalah makan makanan sisa daripada terbuang begitu saja dan makan sembarangan untuk mengisi tenaga dalam mengurus berbagai hal terkait pekerjaan atau rumah tangga.

5. Kurang peduli
Sebelum pernikahan, Anda sangat memerhatikan tubuh dengan berolahraga dan mengatur pola makan. Namun ketika sudah berakhir, Anda mulai tak peduli lagi dan mulai disibukkan dengan kegiatan lain seperti belajar memasak.


(ELG)