Astronot Asal Inggris Ungkap Apa Saja yang Dibawa ke Luar Angkasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Jun 2017 07:00 WIB
romansa
Astronot Asal Inggris Ungkap Apa Saja yang Dibawa ke Luar Angkasa
Seorang astronot asal Inggris Tim Peake, membagikan pengalamannya tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama enam bulan. (Foto: Timpeake.esa.int)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang astronot asal Inggris Tim Peake, membagikan pengalamannya tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama enam bulan. 

Anggota dari European Space Agency tersebut menceritakan kisahnya melalui sebuah buku fotografi berjudul 'Hello, Is This Planet Earth? My View From the International Space Station.'


(Buku yang ditulis oleh Tim Peake. Foto. Dok. Instagram Tim Peake)

"Salah satu hal menarik tentang apa yang kita persiapkan adalah kita tak perlu berkemas karena kami sudah diberikan pakaian dan peralatan kebersihan saat akan ke ISS," tukasnya pada Nytimes.com. 

Ia menjelaskan, pakaian dan peralatan kebersihan oleh pihak ISS dengan ukuran yang tepat dan khusus, meskipun para astronot memesan jenis peralatan tertentu. 

(Baca juga: Inilah yang Selalu Diingat dari Cinta Pertama)

Selain itu, dengan beban terbatas yang dibawa roket, para astronot hanya diperbolahkan membawa tas kecil yang tak lebih besar dari kotak sepatu berisikan barang pribadi yang dikirim terlebih dahulu ke ISS. 

Peake sendiri membawa beberapa kaos kesukannya, bendera Inggris, iPod Nano dan dua potongan kain. 


(Peake saat melakukan spacewalk di stasiun ISS, 7 Desember 1998. Foto. Dok. Twitter astro_timpeake)

"Saya punya dua anak laki-laki berusia 4 dan 7 tahun dan mereka selalu tidur dengan selimut kecil masing-masing. Istri saya, tanpa sepengetahuan saya, memotong ujung selimut mereka dan memasukkannya ke dalam tas," katanya. 

Ia juga membawa beberapa foto keluarga dan teman, jam tangan pemberian istrinya saat ulang tahun pernikahan ketujuh. Sebagai oleh-oleh ia membawa beberapa koin untuk mengenang misi yang dilakukannya. 








(TIN)