Studi: Anak Prematur Juga Bisa Berprestasi di Sekolah

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Jun 2017 13:30 WIB
anak-anak
Studi: Anak Prematur Juga Bisa Berprestasi di Sekolah
(Foto: Amazonaws)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang lahir prematur - yang dikira mengalami kerusakan kemampuan kognitif -  juga dapat memberikan performa baik di sekolah.

"Studi ini bertujuan untuk mengubah anggapan bahwa masa depan pendidikan juga bisa memuaskan pada anak yang lahir lebih cepat," uajr pemimpin studi Dr. Craig Garfield dalam sebuah pernyataan.

Studi yang dipublikasikan JAMA Pediatrics tersebut menganalisa data lebih dari 1,3 juta bayi yang lahir pada usia gestasi 23 sampai 41 minggu yang terdaftar di sistem sekolah umum Florida. Catatan statistik vital mereka disesuaikan dengan catatan sekolah mereka untuk mengetahui apakah lahir dini mempengaruhi bagaimana mereka di sekolah.

Hasilnya, bayi yang lahir prematur ekstrem sering tak memberikan hasil yang baik dalam  tes standar, namun mereka yang lahir di atas 25 minggu memiliki hasil yang hampir sama dengan bayi yang lahir normal. Bahkan, dua persen dari mereka mendapatakan penghargaan karena prestasi yang memuaskan.

"Meskipun bayi yang prematur ekstrem mengalami masalah pada tes standar, saya yakin mereka tetap pintar. Kebanyakan bayi yang lahir di minggu ke 23 hingga 24 dapat mencapai nilai tinggi pada fungsional kognitif di tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah," tukasnya.

Semakin cepat seorang bayi lahir, maka semakin besar kemungkinannya mengalami komplikasi. Pada minggu pertama, umumnya masalah yang dialami adalah masalah pernapsan, suhu tubuh, metabolisme, dan sistem imun. Sementara itu, komplikasi jangka panjang yang bisa muncul adalah cerebral palsy, masalah penglihatan, masalah perilaku dan psikologis, serta masalah kesehatan kronis.


(DEV)