Tiga Hal Penting untuk Membangun Indonesia yang Lebih Baik Menurut BJ Habibie

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 18 Jul 2018 07:47 WIB
bj habibie
Tiga Hal Penting untuk Membangun Indonesia yang Lebih Baik Menurut BJ Habibie
BJ Habibie dalam acara Perayaan Hari Anak Nasional 2018. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Presiden ke-3 Indonesia RI Bacharuddin Jusuf Habibie optimis akan masa depan Indonesia yang cemerlang.

"Saya optimis dengan masa depan bangsa kita karena kita akan mengandalkan sumber daya manusia kita," pungkasnya dalam acara Perayaan Hari Anak Nasional 2018 Bersama BJ Habibie, Selasa 17 Juli 2018.

Menurutnya, ada tiga hal yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik. Pertama, kesehatan tubuh dimana pemenuhan nutrisi adalah hal wajib.

"Banyak makan sayur dan yang paling penting minum air putih," ungkapnya, mempertegas bahwa air adalah kandungan yang mendominasi dalm tubuh sehingga harus terus terpenuhi.

(Baca juga: BJ Habibie: Rakyat Indonesia Tetap Harus Berpegang Pada Pancasila)

Kemudian, hal yang perlu ditingkatkan adalah pendidikan. Hal-hal dasar untuk belajar seperti membaca, menulis, berhitung, hingga berpikir bagaimana masa depan yang diinginkan kelak masuk dalam kategori ini.

Terakhir, kebudayaan yang datang dari lingkungan sekitar. Bagaimana seseorang bertindak dalam keseharian, melalui cara makan, berbicara, berjalan, hingga berpakaian semua ditentukan oleh budaya, yang berjalan beriringan bersama agama yang dianut. Kedua hal tersebut berpengaruh dalam perkembangan manusia kelak.

Habibie mengungkapkan bahwa ketiga hal tersebut dipelajari pertama kali oleh anak-anak, yang merupakan generasi masa depan, melalui orang tua.

"Pendidikam, agama, dan budaya semua pertama kali didapat dari orang tua."

Oleh karena itu, ia berharap orang tua selalu mendampingi anak dalam berkembang agar mampu menjadi bibit yang berguna bagi nusa dan bangsa. 




(TIN)