Cara Terbaik Menghabiskan Uang Anda di Usia 20-an

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 10:00 WIB
generasi milenial
Cara Terbaik Menghabiskan Uang Anda di Usia 20-an
Setiap kali Anda mendapatkan uang, Anda harus menyisihkan sebagian uang tersebut untuk masa depan. (Foto: Hannah Olinger/Unsplash.com)

Jakarta: Mengelola uang Anda di usia 20-an adalah salah satu pelajaran yang paling berharga dan kadang-kadang cukup menantang.

Pada usia 20-an Anda sudah bertanggung jawab atas keuangan Anda sendiri, jadi Anda harus memilih cara terbaik untuk membelanjakan uang Anda di usia 20-an. 

Juga untuk memastikan Anda tetap memiliki keseimbangan antara kerja dan bermain bersama teman-teman Anda. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih cara yang tepat untuk menghabiskan uang Anda tersebut. 

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah cara yang terbaik bagi Anda untuk menghabiskan uang Anda di usia 20-an.

1. Pengalaman lebih berharga daripada hal-hal material
Lupakkanlah barang-barang mahal. Anda bisa mencoba berbagai hal baru dengan uang yang Anda miliki. Barang-barang yang bersifat material bisa berkurang nilainya dari waktu ke waktu tetapi pengalaman dan kenangan yang Anda buat bisa bertahan seumur hidup. 

2. Sisihkan uang untuk traveling ke luar negeri
Dengan melakukan traveling ke luar negeri, Anda bisa melihat dunia yang lebih luas. Melakukan traveling dapat memiliki dmapak yang cukup positif bagi hidup Anda, dan menghabiskan uang Anda untuk hal ini tidaklah salah untuk dilakukan. 

(Baca juga: Generasi Milenial Lebih Mudah Mengalami Gangguan Fisik dan Mental Dibanding Generasi Lain)


(Lupakkanlah barang-barang mahal. Anda bisa mencoba berbagai hal baru dengan uang yang Anda miliki. Barang-barang yang bersifat material bisa berkurang nilainya dari waktu ke waktu tetapi pengalaman dan kenangan yang Anda buat bisa bertahan seumur hidup. Foto: Esther Tuttle/Unsplash.com)

3. Memberikannya kepada orang tua, meskipun hanya sedikit
Ketika masih kecil, semua kebutuhan Anda dibayarkan oleh orang tua kemudian ketika Anda sudah dewasa dan bisa mencari uang sendiri tidak ada salahnya memberikan kepada mereka meskipun mereka tidak memintanya. 

4. Memberikan donasi 
Dengan memberikan donasi kepada komunitas-komunitas yang membutuhkan, akan ada manfaat yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya mereka akan merasa terbantu dengan donasi Anda, tetapi juga Anda akan merasa senang karena uang yang Anda berikan digunakan untuk sesuatu kebaikan. 

5. Berinvestasi pada hobi atau bisnis Anda
Berinvestasi pada diri Anda memberi Anda begitu banyak motivasi untuk menyelesaikan sesuatu. Meskipun tidak akan langsung berhasil pada percobaan pertama, Anda cukup percaya diri untuk melakukannya tidak hanya sekali dan Anda pun bisa melakukannya lagi untuk mencapai keberhasilan. 

6. Menabung
Setiap kali Anda mendapatkan uang, Anda harus menyisihkan sebagian uang tersebut untuk masa depan. Anda membayar sendiri dan berinvestasi dalam diri Anda pada saat yang bersamaan. Anda bisa menyimpannya di rekening tabungan atau menyimpannya di suatu tempat. 




(TIN)