4 Bahasa Tubuh di Kantor yang Membuat Anda Terkesan Tidak Profesional

Raka Lestari    •    Selasa, 03 Jul 2018 10:49 WIB
tips & trik
4 Bahasa Tubuh di Kantor yang Membuat Anda Terkesan Tidak Profesional
(Foto: Bussines Insider)

Jakarta: Apakah Anda termasuk orang yang sulit bersosialisasi di kantor dan tidak pernah mendapat promosi di kantor? 

Apa yang salah?

"Ketika menyangkut komunikasi, Anda mungkin mengatakan satu atau dua kata, tetapi memberikan ribuan isyarat nonverbal," kata ahli bahasa tubuh dan penulis Patti Wood seperti dilansir dari Time.

Isyarat nonverbal yang dimaksud mencakup postur tubuh hingga ekspresi, dan ini sangat penting untuk interaksi apa pun.

Dikutip dari Time, berikut ini adalah beberapa bahasa tubuh yang sebaiknya dihindari saat di kantor

1. Membungkuk

"Membungkuk merupakan gesture negatif yang berkaitan dengan kurangnya kompetensi," ujar Dr Lillian Glass, ahli bahasa tubuh dan konsultan komunikasi. 

Banyak orang menganggap itu sebagai sesuatu yang negatif, kurang bersemangat, dan kurangnya antusias. 

2. Gelisah

Memutar-mutar kucir rambut, memainkan lutut, atau memainkan barang-barang di atas meja yang menunjukkan bahwa Anda merasa gelisah cukup mengganggu. 

"Terlihat gelisah secara berlebihan saat rapat sedang berlangsung akan membuat orang lain menganggap bahwa Anda tidak memperhatikan atau tidak bisa beradaptasi," ujar Wood.

3. Menunduk

Melakukan kontak mata dengan orang lain sangatlah penting. Tidak melakukan kontak mata dengan orang yang sedang berbicara dengan Anda akan membuat mereka malas mengobrol dengan Anda, ujar Wood. Menunduk atau menatap lantai membuat Anda terlihat merasa tidak nyaman, sedih, dan menampilkan kurangnya kepercayaan diri.

4. Menyilangkan lengan

Menyilangkan tangan, memutar tubuh dan menjauh dari seseorang saat Anda berbicara, memberikan isyarat bahwa Anda adalah orang yang tertutup atau memberikan jarak kepada orang yang sedang Anda ajak bicara.




(DEV)