Empat Hal yang Harus Diwaspadai Orang Tua Saat Mengunggah Foto Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Jul 2018 15:27 WIB
media sosialpsikologi
Empat Hal yang Harus Diwaspadai Orang Tua Saat Mengunggah Foto Si Kecil
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat mengunggah foto si kecil. (Foto: Andrew Seaman/Unsplash.com)

Jakarta: Menggunggah foto si kecil di media sosial adalah hal yang banyak orang tua lakukan saat ini. Namun, tak semua hal harus dibagikan dalam dunia maya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat mengunggah foto si kecil. 

1. Foto anak mandi
Foto yang menampilkan sebagian tubuh anak atau benar-benar telanjang sebaiknya tak diunggah untuk publik. Orang tua harus mewaspadai bila foto tersebut jatuh ke tangan yang salah. 

(Baca juga: Tips Aman Mengunggah Foto Anak di Medsos)


(Foto yang menampilkan sebagian tubuh anak atau benar-benar telanjang sebaiknya tak diunggah untuk publik. Orang tua harus mewaspadai bila foto tersebut jatuh ke tangan yang salah. Foto: Valeria Zoncoll/Unsplash.com)

2. Memberitahukan posisi
Beberapa media sosial memiliki fitur lokasi yang tak jarang digunakan. Namun, memberitahukan posisi anak dan orang tua bisa memudahkan orang yang ingin berbuat jahat pada si kecil untuk mengetahui lokasinya. 

3. Membuat profil anak
Banyak orang membuat media sosial untuk anak kemudian menandai dan memberitahukan posisi anak. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara penjahat untuk bisa mengakses foto anak. 

4. Menceritakan secara mendetail
Tak sedikit orang tua yang membagikan kegiatan anak secara mendetail di media sosial seperti sekolah, kegiatan tambahan atau hal-hal lainnya yang bisa dilihat semua orang. Hal ini dapat memicu bahaya pada anak karena memberikan peluang serta kesempatan dengan menampilkan informasi yang detail.





(TIN)