Bisakah Menghentikan Kebiasaan Selingkuh?

Raka Lestari    •    Senin, 04 Jun 2018 14:52 WIB
romansa
Bisakah Menghentikan Kebiasaan Selingkuh?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang pernah melakukan perselingkuhan setidaknya satu kali kepada pasangannya. Namun, bagi beberapa orang lainnya, selingkuh sudah menjadi sebuah pola yang seolah-olah tidak dapat dihentikan.

Menurut pakar hubungan dari New York, Susan Winter, ada banyak alasan kenapa seseorang berulang kali melakukan perselingkuhan, yang mana kebanyakan hanya menginginkan pengakuan dari orang lain. 

Sementara, untuk beberapa orang, Winter mengatakan dorongan untuk melakukan perselingkuhan karena hubungan yang tidak bahagia.

"Orang yang melakukan perselingkuhan biasanya berawal dari perasaan benci. Jika pasangan mereka terus-menerus meremehkan mereka, selingkuh adalah salah satu cara untuk membalasnya."

Namun, bisakah kebiasaan berselingkuh dihentikan? Memang tidak mudah. Namun, dilansir dari Elite Daily, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berhenti dari kebiasaan berselingkuh. 

1. Konsultasi dengan ahli

Winter mengatakan faktor terpenting agar Anda bisa berhenti berselingkuh adalah motivasi dari dalam diri sendiri. Tanpa adanya dorongan pribadi, itu semua tidak akan berhasil. 

Anda juga bisa mencari bantuan terapis untuk mengkonsultasikan masalah dan mencari tahu akar permasalahan pada hubungan Anda.

2. Melatih kejujuran

Melatih kejujuran pada pasangan merupakan cara yang baik untuk membangun kembali kepercayaan yang telah hilang dari Anda dan pasangan. Damona Hoffman, ahli hubungan percintaan menyarankan untuk memberi password semua media sosial atau memberitahu seluruh jadwal Anda agar pasangan bisa kembali percaya.

3. Jujur kepada pasangan 

Daripada selingkuh, cari pasangan yang tidak keberatan dengan poligami. Kuncinya, kata Winter, adalah memastikan Anda "menginformasikan kepada calon pasangan mengenai yang sebenarnya sehingga Anda tidak perlu berbohong atau menyakiti mereka di kemudian hari. 




(DEV)