Membandingkan Waktu Keluarga antara Ibu Rumah Tangga dengan Wanita Karier

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Apr 2018 14:32 WIB
keluargapsikologi
Membandingkan Waktu Keluarga antara Ibu Rumah Tangga dengan Wanita Karier
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2017, ibu yang memiliki waktu yang sempit dengan anak lebih terpacu untuk menciptakan momen berkualitas. (Foto: London Scout/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang beranggapan bahwa ibu rumah tangga (IRT) memiliki waktu berkualitas karena berada di keluarga lebih banyak daripada ibu yang bekerja, atau biasa disebut dengan wanita karier. Namun, ternyata tak selalu demikian. 

"Memang ada tantangan yang berbeda antara keduanya. Namun, bukan berarti IRT lebih leluasa," pungkas psikolog anak Anna Surti Ariani dalam konferensi pers kampanye Lotte Choco Pie #PremiumMomentsTogether, Kamis 12 April 2018.

Ia melanjutkan, IRT yang dinilai hanya mengurusi anak dan rumah justru sering dimintai tolong oleh orang lain untuk kegiatan sosial, misalnya urusan keluarga besar. Artinya, bisa jadi IRT tak memiliki waktu bersama keluarga sebanyak yang diperkirakan selama ini. 

(Baca juga: Pada Usia Ini Anak-anak Baru Bisa Menyimpan Uang)


(Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2017, ibu yang memiliki waktu yang sempit dengan anak lebih terpacu untuk menciptakan momen berkualitas. Foto: Micah Hallahan/Unsplash.com)

Di satu sisi, wanita karier cenderung merasa bersalah dengan keluarganya, terutama sang buah hati, karena tak bisa meluangkan banyak waktu bersama. 

"Namun, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2017, ibu yang memiliki waktu yang sempit dengan anak lebih terpacu untuk menciptakan momen berkualitas," tambahnya. 

Kesadaran karena keterbatasan waktu tersebut membuat ibu yang bekerja berusaha memaksimalkan keintiman dengan anak. 

"Misalnya, mereka hanya bisa bertemu satu atau dua jam, biasanya ibu akan mengajak ngobrol (untuk lebih mengenal anak)," ia memberi contoh.







(TIN)