International Islamic Fair 2016, Gali Potensi Pendidikan Islami

   •    Kamis, 22 Sep 2016 16:57 WIB
iif 2016
International Islamic Fair 2016, Gali Potensi Pendidikan Islami
(Foto: IIF)

Metrotvnews.com, Jakarta: International Islamic Fair (IIF) 2016 akan digelar pada 20-23 Oktober.  Acara yang diselenggarakan di Jakarta International Expo  Kemayoran, Jakarta, ini mengusung tema Promoting Progress, Edifying The Globe.

IIF merupakan program berskala Internasional yang dihadirkan untuk menggalang persatuan masyarakat Islam global, baik masyarakat muslim dari negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), maupun komunitas muslim di negara lainnya. IIF mewadahi kegiatan pertukaran budaya, pendidikan, promosi wisata, serta kuliner halal.

Salah satu bidang yang mendapatkan porsi khusus dalam IFF 2016 adalah pendidikan. Hal ini dikatakan Magda Safrina, Chief Executive IIF 2016.

"Pendidikan, khususnya pendidikan islami memiliki porsi yang cukup besar dalam ajang yang melibatkan sekitar 20 negara anggota OKI ini. Tak kurang dari 15 jenis lomba yang melibatkan para pelajar dan mahasiswa sengaja kami adakan untuk menggali potensi dunia pendidikan islami. Salah satunya, Olimpiade Sains Muslim Internasional," ujar Magda, lewat siaran pers.

Ia menambahkan, bidang pendidikan masuk dalam kategori Islamic Education & Book Fair.


Kegiatan lain yang ikut menyemarakkan dunia pendidikan Islam di IIF adalah Lomba Karya Tulis Internasional.

"Forum ini diharapkan dapat melahirkan inisiatif baru dalam dunia pendidikan, yang nantinya mampu memberi kontribusi nyata, dan mencerdaskan bangsa," tutur Magda.

Dari bidang fesyen, Taruna K. Kusmayadi, Founder Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengatakan, "Saat ini fashion muslim Indonesia sudah diakui oleh beberapa negara. Namun hingga saat ini Indonesia belum memiliki pasar khusus untuk menjual busana muslim dengan segmentasi kelas menengah ke atas. Saya berharap IIF 2016 dapat ikut mendorong berbagai pihak terkait untuk mewujudkan lahirnya sebuah pasar industri busana muslim berkelas dunia di Indonesia."

Berikut kategori kegiatan yang akan berlangsung di IIF 2016.

1. Islamic Culture Expo, menampilkan anjungan dan atraksi kesenian dari negara-negara peserta.

2. Islamic Fashion, menghadirikan fashion show, seminar, talkshow, kompetisi, exhibition & bazaar, dan meet & greet.

3. Islamic Food & Beverage, dimeriahkan kegiatan talkshow, competition, blind food tasting, kids cooking class, chef cooking demo, dan battle chef.

4. Islamic Education & Book Fair, terdiri dari talkshow, seminar, bedah buku, kompetisi, pameran sains & teknologi, serta pameran buku

5. Islamic Travel, berupa pameran travel haji & umroh.

(DEV)