6 Tanda Anda dan Pasangan Harus Berpisah

Raka Lestari    •    Minggu, 24 Dec 2017 17:26 WIB
tips & trik
6 Tanda Anda dan Pasangan Harus Berpisah
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Siapa yang Anda pilih untuk menghabiskan hidup bersama Anda adalah keputusan yang sangat penting. Namun terkadang, Anda menyadari orang yang Anda anggap "the one" bukanlah pilihan yang tepat lagi. 

"Namun, banyak orang terpaksa bertahan dalam hubungan yang sudah buntu," ujar Sheryl Ziegler, konselor hubungan dari Amerika Serikat. 

"Ketakutan akan kesepian adalah satu-satunya alasan seseorang bertahan dalam suatu hubungan, bahkan ketika mereka tahu semuanya telah berakhir,  Mereka takut sendirian atau takut tidak menemukan orang lain," tambahnya.  

Jika itu yang terjadi pada Anda, yang mana pasangan lebih menjadi sumber stres daripada kenyamanan, mungkin sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan.

Apa sajakah tanda bahwa hubungan sudah sepantasnya diakhiri? Berikut penjelasan dari Ziegler dan pakar perkawinan seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Hanya Anda yang berusaha mengatasi masalah

Jika Anda sudah berulang kali mengatakan, berteriak, bahkan menangis meminta kompromi dan mencoba membuat pasangan mengerti soal masalah yang tengah dihadapi dan dia tidak mengacuhkannya, maka inilah saatnya untuk mengakhiri semuanya. 

2. Salah satu dari Anda berselingkuh

"Banyak pasangan yang yakin untuk mengakhiri hubungan jika sudah berkaitan dengan perselingkuhan, kecanduan, pelecehan fisik atau seksual," ujar Laura Heck, terapis pernikahan dan keluarga dari Utah, AS. Namun, banyak juga pasangan yang benar-benar dapat mengatasi perselingkuhan seksual dan emosional dengan membangun kembali hubungan yang lebih baik daripada harus memulai dengan orang yang baru, meski ini sangat jarang terjadi. 

3.  Meragukan perasaan Anda kepada pasangan

"Ini adalah alasan umum untuk mengakhiri sebuah hubungan. Bagaimana mungkin Anda bisa menghabiskan lima tahun berikutnya, apalagi sisa hidup Anda, dengan seseorang yang tidak Anda kagumi?" ujar Gary Brown, psikoterapis dari Los Angeles. 

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda kehilangan rasa hormat dan cinta: Mungkin Anda pernah bersama orang ini untuk beberapa lama, tetapi tidak ada satu pun di keluarga atau kelompok teman Anda yang benar-benar menyukainya - dan Anda mulai merasakan hal yang sama. 

Jika Anda bersama orang yang tidak Anda kagumi, tidak mungkin hubungan Anda bertahan lama, apalagi tumbuh dan berkembang. 

4. Anda membayangkan orang lain 

Pada titik tertentu, Anda mungkin sudah mati rasa terhadap hubungan. Anda tidak lagi peduli untuk berbicara, bahkan berdebat seperti biasanya. Kemudian, Anda mengganti kemarahan dengan fantasi tentang orang lain dalam hidup Anda. Salah satu yang kemungkinan lebih menarik, lebih pintar, lebih sukses dan mungkin lebih baik. 

5. Konflik yang tinggi

"Jika Anda tidak dapat berhenti berdebat, bahkan telah kehabisan cara untuk menghentikan semuanya dan bahkan kesehatan, kebahagiaan, dan kepuasan hidup Anda berkurang secara drastis. Mungkin sudah saatnya untuk mengakhiri  hubungan Anda, terutama jika Anda memiliki anak." ujar Laura. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berada dalam pernikahan dengan konflik tinggi cenderung meningkatkan kesejahteraan mereka setelah bercerai, terutama wanita. 

6. Tujuan besar dalam hidup Anda berbeda dengan pasangan 

"Jika Anda menemukan diri Anda dalam sebuah hubungan di mana keinginan dasar, kebutuhan dan keinginan hidup Anda tidak benar-benar selaras, inilah saatnya untuk mengakhiri hubungan Anda." ujar Gary. 






(DEV)