Studi: Orang Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Orang Tua

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 Oct 2017 12:53 WIB
romansakeluarga
Studi: Orang Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Orang Tua
Studi: Orang Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Orang Tua (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menunjukkan bahwa kita cenderung tertarik dengan orang yang terlihat seperti orang tua kita.

Para peneliti dari Gasglow University menemukan bahwa pria heteroseksual dan wanita homoseksual menyukai wanita yang memiliki warna mata sama dengan ibu mereka.

Selain itu, wanita heteroseksual dan pria homoseksual cenderung tertarik dengan pria yang yang memiliki warna mata sama dengan ayah mereka.

Tim penelitian mengumpulkan data tersebut dengan menanyai 300 pria dan wanita tentang warna mata orang tua dan pasangan mereka. Mereka menyimpulkan bahwa partisipan dua kali lipat lebih memilih seseorang yang memiliki warna mata sama dengan orang tua mereka.

Studi ini berkorelasi dengan teori yang dikenal sebagai imprint seksual positif, di mana burung dan mamalia memilih pasangan mereka berdasarkan atribut yang ditunjukkan oleh orang tua mereka. Ternyata, hal tersebut juga terjadi pada manusia.

Sebelumnya, terdapat teori Kompleks Oedipus yang dicetuskan oleh Sigmund Freud pada tahun 1910 di mana teori psikoanalitik tersebut menyebutkan bahwa seseorang secara tak sadar tertarik dengan orang tua yang berlawanan jenis.

Teori tersebut berdasarkan pada tragedi Yunani Sophocles di mana tokoh protagonis Oedipus Rex protagonis tanpa sadar menikahi dan memiliki anak dengan ibunya.

Meskipun penelitian tersebut belum terlalu kuat terkait hubungan inses, hal tersebut membuktikan bahwa banyak orang secara tak sadar mencari estetika yang menyerupai orang tua mereka dalam mencari pasangan.

 


(ELG)