Bahaya Kebiasaan Minum Alkohol di Depan Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 21 Oct 2017 07:00 WIB
keluarga
Bahaya Kebiasaan Minum Alkohol di Depan Anak
?Bahaya Kebiasaan Minum Alkohol di Depan Anak (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa 10 orang tua mengaku pernah mabuk di hadapan anak mereka. Setengah dari mereka masih dalam keadaan agak mabuk. Menurut Institute of Alcohol Studies, kebiasaan tersebut membuat anak merasa gelisah, malu, dan mengganggu waktu tidur mereka. 

Studi tersebut juga menemukan bahwa anak yang melihat orang tua mereka minum alkohol cenderung tak menjadikan orang tua sebagai panutan.

"Cukup mencemaskan mengetahui bahwa kebanyakan orang tua agak mabuk atau mabuk di depan anak mereka," ujar Katherine Brown, kepala eksekutif pada IAS.

Semua orang tua berjuang untuk melakukan apa yang terbaik untuk anak mereka, namun laporan tersebut menggarisbawahi adanya kesenjangan yang menyulitkan. 

"Orang tua yang minum satu atau dua gelas anggur di malam hari harus mengerti bahwa kebiasaan tersebut dapat memengaruhi anak mereka dan mengambil langkah untuk meminimalkan dampak tersebut," terang Brown. 

Para peneliti mensurvei 997 orang dewasa dan anak-anak di Inggris dimana hasilnya menunjukkan tak ada orang tua yang mengonsumsi lebih dari 14 unit alkohol, batas rekomendasi resmi di Inggris. 

Sebanyak 29 persen orang tua juga percaya bahwa mabuk di depan anak tak masalah, asalkan tak sering dilakukan. Bahkan, beberapa anak berusia 11-12 tahun menganggap alkohol sebagai gula bagi orang dewasa. 

"Laporan krusial ini menggarisbawahi bahwa orangtua yang tak terbiasa minum pun memiliki implikasi kesehatan yang serius pada anak dan keluarga," tukas Jonathan Ashworth, juru bicara dari Partai Buruh. 



(ELG)