Cara Instan agar Anda Terlihat Kompeten

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 Aug 2017 13:00 WIB
tips karier
Cara Instan agar Anda Terlihat Kompeten
Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasi dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan bahwa memasang foto profil dengan posisi berdiri dan berjarak dari kamera membuat seseorang menganggap Anda lebih kompeten. (Foto: Locari/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam mencari rekan kerja, orang cenderung memilih mereka yang memiliki kemampuan kompeten. Bagi Anda yang ingin memberikan penampilan yang meyakinkan, berikut adalah beberapa cara kilat agar Anda terlihat kompeten di mata orang lain. 

1. Berbicara cepat

Jika ingin menyampaikan sesuatu, katakanlah dengan cepat. Sebuah studi tahun 1972 meminta 28 mahasiswa mendengarkan rekaman suara enam orang yang telah dimanipulasi untuk menjadi lebih cepat atau lambat. Hasilnya, para partisipan menganggap suara yang berbicara lebih cepat adalah tipikal yang kompeten. 

Selain itu, beberapa studi terbaru juga menemukan bahwa berbicara dengan cepat adalah trik memenangkan sebuah arguman dimana hal tersebut mmebuat orang lain memiliki sedikit waktu untuk berpikir kritis tentang apa yang Anda ucapkan. 



2. Gunakan make up

Sebuah studi tahun 2011 yang dilakukan Nancy Etcoff dari Harvard University meminta lebih dari 250 orang dewasa untuk melihat foto 25 wanita dengan jenis make up berbeda.

Seperempat dari mereka tak mengenakan make up, seperempat menggunakan make up dengan gaya natural, seperempat lain mengenakan make up profesional, dan sisanya terlihat glamor. Hasilnya, para parisipan memilih jenis make up glamor sebagai tipikal paling kompeten.

(Baca juga: Usia 20an Lebih Baik Fokus Karier daripada Percintaan)



3. Meminta nasehat
Jangan takut terlihat bodoh bila Anda melakukan hal tersebut. Sebuah penelitian dari Harvard Business School tahun 2015 mengungkapkan bahwa meminta nasehat membuat Anda terlihat lebih kompeten.

Dalam salah satu eksperimen, 170 mahasiswa diminta mengerjakan beberapa tugas komputer dan akan dipasangkan dengan orang lain dimana pasangan tersebut adalah simulasi komputer. 

Setelah mengerjakan tugas, simulasi komputer akan berkata, "Saya harap pekerjaan tersebut berjalan lancar," atau "Saya harap pekerjaan tersebut berjalan lancar. Apakah Anda memiliki saran?" Para partisipan merasa pasangan yang memberikan respons kedua lebih kompeten daripada pasangan yang tidak bertanya. 



4. Bertindak sedikit dingin

Sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasi dalam jurnal Experimental Social Psychology menemukan bahwa tipikal orang yang hangat cenderung dianggap kurang kompeten. 

Sekitar 80 sarjana di sebuah universitas di Amerika diminta membaca deksripsi dari dua kelompok sikap berbeda, yaitu hangat dan kompeten, yang terbagi dalam empat kategori: tinggi kompetensi dan tinggi kehangatan; tinggi kompetensi dan rendah kehangatan; rendah kompetensi dan tinggi kehangatan; atau rendah kompetensi dan rendah kehangatan.

Hasilnya, kelompok dengan kompetensi tinggi dipandang lebih kompeten jika mereka juga memiliki kehangatan lebih rendah.



5. Profil foto diambil dari jarak jauh
Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasi dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan bahwa memasang foto profil dengan posisi berdiri dan berjarak dari kamera membuat seseorang menganggap Anda lebih kompeten.

Stidi tersebut mengungkapkan bahwa seseorang telihat lebih kompeten, terpercaya dan menarik ketika ia difoto 4,5 kaki (kurang lebih 1,5 meter) dari kamera dibandingkan yang hanya berjarak 1,5 kaki (45 centimeter). 











(TIN)