Tulis Lima Hal Berikut untuk Lepaskan Rasa Cemas

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 Oct 2017 17:00 WIB
psikologidepresi
Tulis Lima Hal Berikut untuk Lepaskan Rasa Cemas
Tulis Lima Hal Berikut untuk Lepaskan Rasa Cemas (foto: metro.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun banyak orang sudah beralih ke digital, faktanya budaya menulis tetap digandrungi. Namun tahukah Anda bila menulis tangan dapat meredakan rasa cemas?

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tak tenang, cobalah tulis beberapa hal berikut secara manual dengan tangan untuk menghilangkan perasaan tersebut.

1. Jadwal kegiatan
Menjernihkan pikiran adalah cara mudah untuk meredakan cemas. Pelatih kesejahteraan Emma Langton mengungkapkan bahwa hal tersebut juga dapat membuat fungsi otak lebih baik.

"Saat sedang cemas, otak tak bisa bekerja dengan baik. Menulis jadwal dapat melepaskan pikiran dari kepala. Selain itu, hal tersebut juga dapat mengistirahatkan otak dan mengingatkan hal-hal apa yang perlu dilakukan," terang Langton.

2. Hal-hal yang disyukuri
Jika Anda merasa banyak hal buruk terjadi dalam hidup, cobalah perhitungkan juga hal-hal baik.

Ahli cemas Chloe Brotheridge berkata, "Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa menuliskan hal-hal yang disyukuri dalam hidup dapat membuat otak berpikir lebih positif."

Umumnya, rasa cemas dikarakteristikkan dengan 'memikirkan yang terburuk'. Ketika seseorang berpikir positif, makan secara alami ia akan menjadi lebih optimis dan rasa cemas menurun.

3. Pencapaian hari ini
Berhasil melakukan hal yang sulit hari ini? Tulislah. Dengan demikian, Anda akan merefleksikan setiap pencapaian yang Anda buat, baik kecil maupun besar. Hal-hal seperti itu dapat meningkatkan perasaan bangga.

4. Hal-hal yang mencemaskan
Daripada hanya dipikirkan, tuangkan kecemasan Anda melalui tulisan.

"Saya selalu menyarankan klien saya untuk menulis hal-hal yang membuat mereka cemas. Ini adalah cara untuk mengeluarkan pikiran mereka sehingga lebih jernih dan menenangkan pikiran."

5. Harapan dan impian
Terkadang, rutinitas yang monoton membuat Anda lupa dengan keinginan-keinginan dalam hati. Tulislah harapan dan impian Anda agar tidak lupa dan bersemangat untuk mewujudkannya.

 


(ELG)