Punya Saudara Kandung Bantu Tingkatkan Kemampuan Berkencan

Raka Lestari    •    Minggu, 25 Feb 2018 10:43 WIB
unik
Punya Saudara Kandung Bantu Tingkatkan Kemampuan Berkencan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Memiliki kakak atau adik kandung dalam keluarga memiliki pengaruh bagi kehidupan seseorang di masa depan. Mulai dari berat badan, hingga risiko perceraian, memiliki saudara kandung dapat berpengaruh secara langsung dan tidak langsung.

Berikut ini pengaruh memiliki saudara kandung bagi hidup Anda dilansir dari Reader's Digest.

1. Menurunkan risiko perceraian

Jika Anda berasal dari keluarga besar, kemungkinan kecil Anda akan bercerai.  Peneliti dari Ohio State University menganalisis data dari 57 ribu orang Amerika selama periode 40 tahun dan menemukan bahwa mereka yang memiliki saudara kandung lebih cenderung untuk tetap berada dalam pernikahan daripada anak tunggal.

Setiap saudara kandung menurunkan risiko perceraian seseorang sebanyak 2 persen. Semakin  banyak saudara kandung, semakin bertambah jumlahnya. Keluarga yang lebih besar memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk mempraktikkan komunikasi, empati, dan negosiasi yang baik, keterampilan yang dapat memperkuat pernikahan.

2. Meningkatkan kemampuan berkencan

Memiliki saudara dari lawan jenis bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam percintaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University memiliki saudara kandung yang berlawanan jenis meningkatkan kesempatan seseorang untuk melatih bagaimana berhubungan dengan lawan jenis.

3. Melatih kemampuan menjaga

Satu studi di Universitas Princeton menemukan bahwa anak perempuan cenderung menanggung beban tugas merawat orang tua, dan biasanya anak laki-laki akan memberikan tugas tersebut kepada saudara perempuan mereka. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa karena wanita sering bertindak sebagai pengasuh, para orang tua biasanya akan merasa kurang nyaman jika anak laki-laki mereka yang merawat dibandingkan anak perempuannya.

Meski demikian, Anda yang hidup sebagai anak tunggal tidak perlu khawatir. Sebuah studi dari  Ohio State University menyebutkan bahwa mereka yang tidak memiliki saudara kandung mendapat banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial saat mereka berada di sekolah.

 


(DEV)