Cara Membujuk Anak Cepat Tidur dan Bangun Tepat Waktu

Torie Natalova    •    Kamis, 31 Jan 2019 13:49 WIB
perkembangan anak
Cara Membujuk Anak Cepat Tidur dan Bangun Tepat Waktu
Ada lima cara untuk menjaga waktu tidur anak stabil dan lebih lama di malam hari. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Waktu tidur balita sangat penting untuk tumbuh kembangnya termasuk perkembangan otak mereka. Tetapi, waktu tidur balita seringkali tidak terduga dan terkadang membuat orang tua frustasi dengan jadwal tidur yang berantakan.

Anak-anak sering bangun dini hari atau terlalu pagi, dan banyak dari balita yang sulit untuk tidur cepat di malam hari.

Menurut praktisi anak Maile Moore, ada kecenderungan genetik yang memengaruhi waktu tidur balita, meskipun tetap ada faktor lain yang umum terlepas dari faktor genetik.

(Baca juga: Tanda Si Kecil Butuh Lebih Banyak Waktu Tidur)

Ada lima cara untuk menjaga waktu tidur anak stabil dan lebih lama di malam hari seperti dinukil dari Fatherly.


(Waktu tidur balita sangat penting untuk tumbuh kembangnya termasuk perkembangan otak mereka. Foto: Pixabay.com)

1. Berada di dalam kamar
Buat suasana kamar yang nyaman termasuk membuat bagian jendela lebih teduh untuk menghalangi cahaya yang masuk. Sebaiknya, kamar anak berada jauh dari depan rumah agar tidak mendengar suara berisik dari jalan raya.

2. Hati-hati mengubah jadwal tidur
Orang tua harus hati-hati dalam mengubah jadwal tidur karena itu bisa membuat segalanya menjadi lebih buruk. Seorang anak setidaknya harus tidur siang antara 45 menit hingga satu setengah jam.

Balita dan anak prasekolah hanya butuh waktu tidur sekitar 10-12 jam tidur. Sehingga, mengubah waktu tidur harus dilakukan perlahan dan jumlah waktu yang sedikit saja.

3. Membatasi makan dan minum sebelum tidur
Mengurangi faktor fisik agar anak tidak bangun di tengah malam atau terlalu pagi dengan cara membatasi minum susu sebelum tidur atau membuat perut anak kenyang agar tidak kelaparan di tengah malam.

Tapi, jangan beri camilan tepat sebelum tidur agar tidak menyebabkan masalah pencernaan yang membuatnya terbangun dari tidur.

4. Beri alarm
Bagi anak yang susah bangun di pagi hari, coba beri tambahan alarm atau mainan khusus untuk dimainkan pagi hari ketika mereka bangun pada waktu yang tepat. Cara ini lebih berhasil dilakukan pada anak-anak usia sekolah.




(TIN)