Menggendong Bayi dari Berbagai Posisi

   •    Rabu, 12 Dec 2018 16:11 WIB
tips & trik
Menggendong Bayi dari Berbagai Posisi
Salah satu manfaat menggendong bayi adalah dapat mempererat ikatan batin antara orang tua dengan sang buah hati. (Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu manfaat menggendong bayi adalah dapat mempererat ikatan batin antara orang tua dengan sang buah hati.

Tetapi saat menggendong bayi, Anda perlu berhati-hati dan memerhatikan betul cara menggendongnya. Terlebih bila Anda menggendong bayi yang baru lahir.

Salah cara menggendong bisa mencederai tubuh mungil bayi yang juga bisa berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembangnya di masa depan. Hal ini dikarenakan motorik, otot dan tulangnya masih sangat rapuh.

Melansir dari BabyCenter, inilah cara menggendong bayi dengan posisi yang sangat mudah Anda dipelajari.


(Salah cara menggendong bisa mencederai tubuh mungil bayi yang juga bisa berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembangnya di masa depan. Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)

(Baca juga: Alasan Ibu Cenderung Menggendong Bayi di Bagian Kiri Tubuh)

1. Membaringkannya ke bagian siku
Pindahkan kepala bayi Anda ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan kiri. Lakukan secara hati-hati sehingga kepala si kecil tersangga di siku dan seluruh tubuhnya.

2. Memeluk dan menyandarkannya ke bahu
Sangga leher dan kepala si kecil dengan tangan kanan Anda terlebih dahulu. Lalu angkat sedikit lengan kiri Anda untuk memindahkan posisi si kecil menyandar ke bahu. Kemudian letakan telapak tangan kanan Anda di bokong untuk menyangga badannya.

3. Dari telentang ke pelukan
Pertama-tama bungkuk tubuh Anda untuk meraih si kecil yang masih berada di atas tempat tidur. Lalu sisipkan tangan kiri ke bagian belakang dan kepala bayi. Setelah itu, sisipkan kembali telapak tangan Anda di bagian punggung dan bokongnya.

Bila Anda menggunakan alat gendong atau gendongan ketika menggendong si kecil, jangan lupa untuk gunakan gendongan yang sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

Maria Fransiska




(TIN)