Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya

M Studio    •    Rabu, 12 Oct 2016 11:08 WIB
berita bca
Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya
Berteman dengan rekan kerja akan membuatmu lebih termotivasi berangkat bekerja (Foto:Smart-money.co)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berada di kantor memberi tekanan tersendiri. Tak heran bila ada karyawan yang merasa tidak bahagia ketika masuk kantor, entah karena tidak cocok dengan tim atau hal lain. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap bahagia.

Buat rencana kerja

Buat rencana kerja berisi jadwal kerja sehari-hari. Mulai dari jam tiba di kantor, lama kerja, dan tugas yang akan dikerjakan dalam sehari, seminggu, dan seterusnya. Persiapan ini akan membuat Anda bersemangat bekerja karena lebih terarah.

Bersikap dan berpikir positif

Kadang bekerja di kantor membuat bosan atau jenuh. Atau, ada rekan kantor yang mendapat promosi, sedangkan Anda tidak. Hal semacam ini tak ayak memicu pikiran negatif.

Tetaplah berpikir positif dan bersyukur atas pencapaian yang sudah Anda lakukan. Ingat, masih banyak banyak orang mencari kerja di luar sana.

Hindari menunda pekerjaan

Salah satu cara lain agar lebih bahagia adalah konsisten tidak menunda pekerjaan. Meski terkesan sepele, hal ini bisa mendatangkan rasa bangga pada diri sendiri dan memicu kepuasan.

Jalin pertemanan

Berteman dengan rekan kerja juga bisa membuatmu lebih termotivasi berangkat bekerja. Hindari bergosip, membentuk kubu, atau mengucilkan rekan kerja yang kurang disukai agar tetap bahagia.

Tersenyum

Senyum selalu membawa kebaikan, termasuk di kantor. Tersenyum akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan karena otak mengeluarkan neuropeptide. Selain itu, senyum juga menular sehingga rekan kerja akan ikut tersenyum.

Terima rekan kerja apa adanya

Karakter tiap orang berbeda-beda, akan ada orang dengan karakter yang tak sesuai karaktermu. Untuk mengatasi masalah semacam ini, sebaiknya hindari konfrontasi dengan bersikap profesional.

Ucapan terima kasih

Kata ini sederhana, namun memiliki makna mendalam bagi penerimanya. Biasakan mengucapkan terima kasih kepada siapa pun di kantor bila mereka membantumu, kecil atau besar.

Beri penghargaan terhadap diri sendiri

Penghargaan tak selalu berasal dari orang lain. Anda bisa memberi hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, berlibur, karaoke, menonton film, atau pergi bersama teman-teman setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik.





Sumber: smart-money.co


(ROS)