Tips Membantu Anak Belajar Berbicara

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Sep 2016 11:21 WIB
keluarga
Tips Membantu Anak Belajar Berbicara
(Foto: Baby Centre)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada usia balita, anak mulai belajar berbicara dan mempelajari kosakata baru. Dalam masa ini, peran orang tua cukup penting untuk membantu mereka berkembang secara verbal. 

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang sedang mengajari anak berbicara, seperti dilansir Baby Centre.

1. Berbicaralah sebanyak dan sesering mungkin kepada anak. Perhatikan ekspresinya, dan berikan respons tertarik setiap kali ia mencoba berbicara kepada Anda.

2. Perhatikan dengan saksama apa yang ingin dikatakan anak, bukan memperbaiki pelafalan kata yang dilontarkannya. Buat anak menjadi percaya diri dengan apa yang dikatakannya.

3. Jika ia mampu berkomunikasi dengan baik, berikan tanggapan yang baik pula. Misalnya, memberitahunya," Iya benar, itu sendok."

4. Kolaborasikan kata yang Anda ucapkan dengan gerakan. Misal, Anda mengatakan, "Lepaskan sepatu," maka lakukanlah sambil melakukan hal tersebut.

(Baca:
Manfaat Berenang Untuk Bayi)

5. Jangan lupa memanggil nama anak dan melakukan kontak mata sebelum berbicara kepada anak. Ini penting agar anak tahu bahwa Anda sedang berusaha berbicara kepada mereka.

6. Biarkan anak berbicara sebanyak mungkin, dan jadikan hal itu sebagai bagian dari aktivitasnya sehari-hari. Jangan malas untuk selalu merespons anak apabila mereka mengajukan pertanyaan.

7. Berikan anak pengalaman baru agar ia semakin banyak memelajari kosakata baru. Misalnya, dengan mengajak anak berjalan-jalan dan melafalkan setiap benda yang dilihat.

8. Benarkan setiap kata yang belum sempurna diucapkan anak. Ucapkan kata tersebut secara jelas, sampai anak terlihat mengerti.

9. Sederhanakan ucapan Anda. Gunakan kalimat pendek dan tekankan kata kuncinya sehingga anak bisa lebih fokus pada informasi yang penting.


10. Kecilkan suara pengganggu yang berasal dari luar, seperti suara TV atau radio. Tanpa gangguan suara tersebut, anak akan lebih fokus memerhatikan ketika Anda bicara.

Lihat Video: Perbaiki Gizi Anak Indonesia (1)




(DEV)