Didikan Keras Ibu Bikin Anak Perempuan Sukses

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 09 Nov 2017 11:21 WIB
survei
Didikan Keras Ibu Bikin Anak Perempuan Sukses
(Foto: Lifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Didikan keras orang tua tak selalu buruk. Sebuah studi dari University of Essex menemukan bahwa ibu yang mendidik anak perempuannya dengan keras cenderung membuat mereka mengambil keputusan yang tepat, terutama terkait pendidikan. 

 
Cara tersebut juga membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup, seperti pekerjaan dengan gaji sesuai dan menghindari kehamilan remaja. 
 
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 15 ribu remaja perempuan berusia 13-14 tahun tersebut, anak yang dididik keras oleh ibu tak selalu mengikuti perintah ibunya. Namun, mereka akan mengingat pesan ibu mereka ketika harus membuat kepuusan penting dan melakukan hal yang benar. 
 
Meski demikian, anak tak selalu mengerti dan setuju dengan apa kata ibu, namun lebih ke tak inigin mendengarkan cerita yang sama berulang-ulang. 
 
"Dalam banyak kasus, kita berhasil melakukan apa yang kita percaya lebih mudah, meskipun bertentangan dengan keinginan orang tua. Namun, tak peduli seberapa keras kita berusaha menghindari rekomendasi orang tua, pada akhirnya seperti mereka memengaruhi kita, dengan cara yang lebih halus, pada pilihan yang kita anggap sangat pribadi," terang peneliti Ramirez. 
 
Studi yang dilakukan sejak 2004 hingga 2010 tersebut menunjukkan bahwa memiliki ibu yang keras dapat memberi efek positif. Anak perempuan dengan orang tua dominan keras empat persen lebih kecil mengalami kemungkinan hamil di masa remaja dibandingkan anak perempuan yang tidak dikontrol orang tuanya. Mereka juga cenderung memiliki jenjang pendidikan hingga universitas dengan karir dan gaji yang lebih tinggi. 
 
Memiliki ibu dengan didikan keras memberi manfaat bagi anak perempuan yang tak bersemangat untuk belajar, dimana tak ada dukungan dari guru atau teman, dan hanya bisa mengikuti didikan ibunya. 


(DEV)