Melatih Si Kecil Tidur Teratur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 03 Feb 2018 20:20 WIB
tumbuh kembang anak
Melatih Si Kecil Tidur Teratur
Melatih Si Kecil Tidur Teratur (Foto: istock)

Jakarta: Apakah Anda sedang mengajarkan anak tentang pola tidur yang teratur? Sebuah situs bernama The Baby Sleep Site memberikan beberapa tips yang membuat si kecil terbiasa terlelap sepanjang malam.

"Tidur adalah kemampuan yang dipelajari dan beberapa anak membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa melakukannya, sementara yang lain bisa dengan cepat dan mudah," kata Patricia Avila, seorang perawat dan konsultan tidur dari Baby Sleep & More.

Namun, ia menambahkan, beberapa orang tua mengalami masalah ketika anak terbangun tengah malam untuk menenangkan kembali.

Tidur memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Hormon pertumbuhan disekresikan pada anak kecil selama tahap tidur tertentu, itulah sebabnya mereka perlu tidur nyenyak dan transisi melalui tahap tersebut. Pembagian sel dan penambahan juga terjadi saat tidur, yang berperan dalam peningkatan imunitas.

Faktanya, kebiasaan tidur yang buruk berkaitan dengan pertumbuhan yang lambat hingga obesitas pada anak.

Selama pendampingan tidur dilakukan dengan aman, maka nikmati saja.

"Sekali bayi terbiasa tidur bersama, sangat jarang mereka secara sukarela akan menghilangkan kebiasaan tersebut, dan Anda perlu mempertimbangkan proses transisi pada tahap tertentu, untuk menjaga agar anak Anda tetap di tempat tidurnya sendiri," dia menyimpulkan.

Ada beberapa metode menidurkan yang bisa dipraktekkan oleh orang tua. Pertama, meninggalkannya. Pada tahap ini, anak ditempatkan di kamar dan ditinggalkan begitu saja hingga ia tertidur.

Kedua, menangis yang dikontrol di mana Anda meninggalkan anak untuk beberapa saat di kamar namun kembali dalam durasi tertentu untuk mengawasi. Terakhir, memudar atau tak menangis. Anda menyapih anak sebagaimana tugas orang tua menjaga anak mereka.

Lalu, cara mana yang terbaik?

"Itu tergantung pada strategi tidur yang menurut Anda akan ditanggapi oleh anak Anda dan Anda sendiri merasa nyaman saat melakukannya," jawab Patricia.


(ELG)