Pengakuan dr Gia Setelah Bantu Persalinan Darurat Tetangganya di Dapur

Yatin Suleha    •    Senin, 08 Jan 2018 17:47 WIB
kisah
Pengakuan dr Gia Setelah Bantu Persalinan Darurat Tetangganya di Dapur
Menjadi dokter adalah impian banyak orang. Namun pernahkah Anda membayangkan menjadi dokter juga harus berbakti pada sumpah yang telah diikrarkan? Salah satunya dr Gia Pratama. (Foto: Dok. Twitter/@GiaPratamaMD)

Jakarta: Kisah unik dr Gia Pratama viral di media sosial. Apa pasal? Ia tertangkap kamera sedang membersihkan bayi di penyucian piring. Bukan apa-apa, rupanya sang dokter baru membantu persalinan darurat. 

Dalam foto itu, dr Gia dikelilingi perabot rumah tangga. Ada parutan, talenan, sabun cuci piring, saringan, panci. Mungkin karena pemandangan unik inilah, foto tersebut cepat menyebar di media sosial. Bagaimana sih ceritanya?   

"Jadi saya baru pulang dari tugas di RS Prikasih dan tiba-tiba ibu ketua RW menelepon untuk meminta bantuan saya karena ada yang akan melahirkan, dan kondisinya sudah berada di dalam kamar mandi," ujar dr Gia berbincang dengan Medcom.id.

Tak berpikir panjang, Gia langsung bergegas dengan alat seadanya menuju tower ibu yang dimaksud. "Benar saja ketika saya sampai, sudah banyak orang dan beberapa office boy yang ramai di lorong," kenang Gia. 
 
Tak berselang lama setelah ditelepon, Gia juga meminta dipanggilkan bidan untuk membagi tugas saat lahiran. "Jadi bidan datang tak lama setelah saya datang, saya mengurusi bayi dan bidan untuk membantu ibu," terang dokter yang ramah ini.

Setelah beberapa kali mengetuk, lalu terdengar suara sang ibu yang bicara pada anaknya untuk membukakan pintu. "Ketika saya masuk kondisi ibu sudah di dalam kamar mandi dan lantainya sudah banyak darah serta air ketuban. Kepala bayi sudah kelihatan. Saya mencoba bimbing kontraksi dengan memeriksa perut. Dengan beberapa kali dorongan akhirnya bayi terlahir selamat," ucap Gia. 

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)

Namun, ada hal yang lucu di balik kisah dan foto yang viral tersebut, Gia mengaku bingung memilih tempat untuk membersihkan si bayi. Masalahnya, ia sayang dengan perlengkapan rumah di berbagai sudut yang terlihat mahal. Takut kotor katanya. 

Setelah menyambar handuk yang paling terdekat guna menyelimuti sebelum bayi benar-benar lahir, Gia sempat melihat sekeliling. "Saya melihat nih, ini karpetnya bagus, sofanya kelihatannya mahal, nah ide saya akhirnya membawa bayi ke dapur agar dekat dengan lampu supaya menambah kehangatan dan bayi tidak kedinginan."

"Enggak lupa juga saya tambahkan sarung begitu keluar dari kamar mandi. Jadilah, penyelamatan bayi yang sehat, laki-laki, tiga kilogram berada di atas tempat pencucian piring. Dibalut handuk dan sarung, hehehe," ucap dokter yang sejak koas dokter pun telah banyak menerima beragam macam persalinan ini.

Diakui suami dari Syafira ini bahwa ia tak menyangka sang kakak dari bayinya tersebut, Novalia tiba-tiba memfotonya. "Jadilah itu cerita dan foto viral, karena persis di belakangnya terlihat sabun cuci piring, panci-panci," kelakar Gia.


("Kalau sunlight tahu mungkin saya di-endorse. Taglinenya, Sunlight, bukan cuma piring, bisa juga Bayi! Canda Gia. Foto: Twitter/@GiaPratamaMD)

Aksi Gia ditanggapi positif oleh para warganet. Di antaranya ada juga yang membuat Gia tertawa. "Ada-ada aja ya netizen nanya saringan buat apa, cuci bayinya pake Sunlight apa enggak, hahaha," tawa dr Gia yang sudah diretwett sebanyak 130 kali dan mendapatkan 287 likes ini. 

"Alhamdulilah banyak juga yang mengapresiasi, rasanya bahagia aja bisa membantu sesama," ucapnya. 

Lewat kisah ini Gia tak lupa juga untuk memberikan pesan bagi para ibu hamil di luar sana bahwa jika sudah merasakan beberapa kali kontraksi, ada baiknya untuk memeriksakan diri. 

"Takutnya kan ada salah perhitungan, lupa hari terakhir menstruasi, dan perhitungan kehamilannya jadi bisa kurang tepat. Jadi, jika ada kontraksi yang konstan setiap beberapa menit sekali ada baiknya langsung dikonsultasikan pada dokter terdekat untuk mengetahui kondisinya," pesan Gia. 









(TIN)