BKGN di FKG Universitas Moestopo Ajak Anak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

M Studio    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:00 WIB
kesehatan gigi dan mulut
BKGN di FKG Universitas Moestopo Ajak Anak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 November 2016, BKGN hadir di FKG Universitas Moestopo, Jakarta (Foto:Dok.Pepsodent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar anak-anak Indonesia belum menyikat gigi dengan cara yang tepat dan pada waktu yang benar. Akibatnya, 60 persen anak menderita karies gigi. Data tersebut diperoleh dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Moestopo. Sebanyak 60 persen anak yang datang berkunjung mengalami  keluhan pada karies gigi.

Karies gigi timbul dengan beragam penyebab. Salah satunya, kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak glukosa dan karbohidrat. Kondisi tersebut diperparah dengan pembersihan gigi dan mulut yang tidak benar.

"Sampai saat ini, masih banyak anak yang belum menyikat gigi dengan pola dan cara yang sesuai anjuran dokter gigi," ujar Dr. Paulus Januar S., drg. MS., Dekan FKG Universitas Moestopo.

Oleh karena itu, untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent kembali berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang ketujuh.

Selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 November 2016, BKGN hadir di FKG Universitas Moestopo, Jakarta. Dengan adanya kegiatan BKGN, masyarakat Jakarta dan sekitarnya diberi kesempatan melakukan pemeriksaan serta perawatan gigi di RSGM Universitas Moestopo tanpa dipungut biaya. FKG Universitas Moestopo menyiapkan 50 dokter gigi, dan 55 mahasiswa koas untuk memberikan pemeriksaan serta perawatan gigi gratis yang meliputi konsultasi, penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi, pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant .

Acara pembukaan BKGN menampilkan pertunjukan tari tradisional dan diresmikan oleh Dekan FKG Universitas Moestopo, Dr. Paulus Januar S., drg,MS, dengan disaksikan oleh civitas akademika Universitas Moestopo, Jakarta. BKGN di Universitas Moestopo memberikan pelayanan promotif, preventif, serta kuratif. Dalam upaya promotif preventif, BKGN di FKG Moestopo akan memberikan edukasi menyenangkan dengan cara memberikan penyuluhan melalui cerita yang diperagakan oleh boneka.  

"Hal ini bertujuan untuk membuat anak semakin antusias untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk mengenal dan mencegah kebiasaan buruk yang memengaruhi kesehatan gigi dan mulut," ucap Dr. Paulus.


(ROS)