Menumbuhkan Rasa Berbagi pada Anak

Yatin Suleha    •    Rabu, 09 Nov 2016 11:32 WIB
perkembangan anak
Menumbuhkan Rasa Berbagi pada Anak
Anak-anak diizinkan untuk mengambil keputusannya sendiri akan lebih mau berbagi pada masa mendatangnya kelak. (Foto: I.huffpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagaimana cara yang tepat untuk menumbuhkan rasa berbagai pada si kecil? Ternyata hasilnya akan lebih bagi jika si kecil diberikan keputusan sendiri agar ia mandiri.

Ketika melihat anak Anda merenggut mainan dari temannya, setiap naluri orangtua mengatakan bahwa Anda harus membuat si kecil untuk mengembalikan mainan tersebut lagi pada temannya.

Namun anak-anak yang dipaksa berbagi memiliki kemungkinan kecil akan melakukannya lagi. Dalam studi baru, peneliti di Cornell University memaksa, baik anak usia 3-5 tahun berbagi stiker atau membiarkan mereka  memilih sendiri apakah akan berbagi atau tidak.

(Baca juga: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)

Anak-anak diizinkan untuk mengambil keputusannya sendiri akan lebih mau berbagi pada masa mendatangnya kelak.

Memaksa anak berbagi, bahkan jika Anda memberikan penghargaan (reward) kepadanya bisa menjadi bumerang. Ini membuat dia akan mulai melihat dirinya sendiri sebagai seseorang yang tidak suka berbagi.

"Tapi memilih untuk berbagi akan membuat anak-anak meyimpulkan sesuatu yang penting tentang diri mereka sendiri," ulas pemimpin penelitian Nadia Chernyak; bahwa mereka suka melakukan kebaikan untuk orang lain dan itu sangat bagus.





(TIN)