Go Dutch, Tips Aman Saat Membuka Pintu Mobil

Yatin Suleha    •    Senin, 27 Feb 2017 19:23 WIB
tips & trik
Go Dutch, Tips Aman Saat Membuka Pintu Mobil
Cara aman agar terhindari dari kecelakaan "dooring" (yang berarti kecelakaan karena terkena pintu mobil) adalah dengan menggunakan tangan kanan. (Foto: Theconversation)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang senang berkendara dengan mobil, terutama saat Anda jadi penumpangnya, mungkin sudah biasa menemui kesulitan saat akan turun dari mobil karena banyak motor atau kendaraan lainnya. Dan telah menjadi kebiasaan, saat duduk di kursi kiri membuka pintu kiri dengan tangan kiri, karena tentu saja ini lebih mudah.

Namun, di Belanda banyak pengendara mobil maupun penumpangnya yang berada di sebelah kiri akan membuka pintu mobil dengan tangan kanan.



Studi kecelakaan
Dalam studi tahun 2011, di Chicago, Amerika ditemukan satu hari satu orang pengendara sepeda terkena kecelakaan pintu mobil yang terbuka. Dan taksi di kota New York telah terpasang 13.000 stiker yang menginformasikan agar berhati-hati saat membuka pintu kiri mobil. Di Chicago terbukti berkurang atas kejadian kecelakaan tersebut setelah kampanye membuka pintu kiri dengan tangan kanan.

(Baca juga: Tiga Kecelakaan Mobil Terjadi Dini Hari)

Jika di Jakarta, kondisinya ramai akan pengendara sepeda motor. Penumpang mobil terutama yang berada di sebelah kiri kursi juga harus berhati-hati pada penggendara motor yang ramai di jalan, dan cara "Go Dutch" ini bisa diaplikasikan.

Cara yang digaungkan oleh DutchReach.org, yaitu advokasi gerakan "Reach, Swivel, Look, Open" atau mudahnya disebut "Go Dutch" mempelopori cara aman ketika Anda turun dari mobil (terutama saat duduk di kursi sebelah kiri)



Cara "Go Dutch"
Cara aman agar terhindari dari kecelakaan "dooring" (yang berarti kecelakaan karena terkena pintu mobil) adalah dengan menggunakan tangan kanan. 

Ketika tangan kanan Anda membuka pintu mobil sebelah kiri, seketika itu juga badan Anda akan memaksa tubuh bagian atas Anda untuk berputar dan melihat bagian belakang mobil. Ini bisa menyelamatkan pengendara lain juga diri Anda sendiri.






(TIN)