Berencana Pensiun Dini? Setop Kebiasaan Ini

   •    Rabu, 30 Aug 2017 15:38 WIB
tips keuangan
Berencana Pensiun Dini? Setop Kebiasaan Ini
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menikmati hari tua dengan tenang dan bahagia adalah impian setiap orang. Tak terkecuali bagi mereka yang saat ini masih bergelut dengan pekerjaan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Tetapi, mungkinkan bagi seseorang untuk mengambil pensiun dini? Jawabannya mungkin saja. Dengan syarat mereka sudah siap paling tidak secara finansial.

Melansir Gulf News, menabung adalah satu-satunya cara untuk melindungi masa depan anda, terutama saat memutuskan untuk pensiun dini, misalnya di usia 40 tahun.

Idealnya, di usia 40 tahun Anda harus memiliki uang tiga kali lipat lebih banyak dari pendapatan per tahun. Pendapatan ini bisa Anda kumpulkan saat usia Anda di kisaran 30 tahun.

Tetapi, jika Anda ingin pensiun di usia 50-65 tahun, kunci untuk sejahtera di hari tua adalah menghemat 15-25 persen dari setiap penghasilan Anda.

Lalu, selain menyimpan sedikit dana dari penghasilan, hal apa lagi yang bisa dilakukan dan dipersiapkan?

1. Hitung kekayaan bersih Anda 

Buatlah daftar apa yang saat ini Anda miliki dan perkirakan apakah masih layak digunakan atau tidak.

2. Berhemat

Tindakan ini mungkin bukanlah hal yang Anda sukai dari sekian banyak daftar yang harus dilakukan, tetapi ini penting. Merinci kemana saja uang Anda mengalir akan membantu Anda untuk melakukan penghematan.

3. Menyiasati Utang

Setelah Anda menyisihkan uang tunai untuk biaya sehari-hari, pastikan Anda membayar semua tagihan dan pinjaman sesuai prioritas.

Bayarkan utang dengan bunga tertinggi lebih dulu. Jika memiliki beberapa utang dengan bunga tertinggi, pilihlah yang jangka waktunya paling lama. dan bayarkan dengan menyisihkan 40 persen bagian dari penghasilan.

4. Setop meng-upgrade gawai

Jika ada gawai yang benar-benar Anda butuhkan, misalnya ponsel, tunggulah beberapa bulan agar harga pasarnya sedikit turun. Anda juga bisa menukar atau menjual telepon lama untuk menambah anggaran membeli ponsel baru dan jangan habiskan dana untuk hal-hal yang tidak perlu.

5. Berolahraga di tempat terbuka

Apakah Anda tipe orang yang senang berolahraga di tempat tertutup seperti gym di pusat kebugaran berbayar? Mulai saat ini pindahkan tempat olahraga Anda ke tempat terbuka. Anda bisa berlari di lapangan atau hanya latihan di sekitar rumah.

6. Berhenti membeli barang yang tak perlu

Setiap melakukan belanja wajib bulanan, camilan atau makanan ringan pasti masuk dalam daftar yang harus dibeli. Agar penghematan Anda maksimal, jangan sering-sering membeli snack di luar jadwal belanja bulanan dan jika Anda terlalu pilih-pilih dalam belanja sandang, temukan barang yang benar-benar Anda butuhkan.

7. Setop belanja online

Berhenti menerima email tentang penawaran menarik untuk berbelanja. Hapus aplikasi belanja online di ponsel Anda

8. Berhenti membeli minuman berenergi atau rokok

Sangat mudah untuk memulai hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat yang disesuaikan dengan bujet kantong.

9. Manfaatkan diskon

Diskon akhir pekan atau pada saat perayaan tertentu umumnya tak diumumkan secara terbuka ke publik. Mintalah staf atau kunjungi website resmi vendor sebelum berbelanja. Kartu member belanja akan membuat Anda mendapat diskon lebih banyak. 

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, investasi jangka panjang juga akan membantu Anda pensiun lebih awal. Misalnya mengalokasikan dana yang Anda punya ke sesuatu yang nilainya akan terus mengalir, kendati Anda sudah berhenti bekerja. Misalnya investasi rumah atau real estate.

Terakhir, hiduplah di bawah kemampuan Anda. Orang yang menghabiskan lebih sedikit uang bisa lebih bahagia. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang Anda beli membawa kegembiraan dalam jangka panjang. Dari pada melihat seberapa mahal harganya, cara terbaik untuk menabung adalah menikmati aktivitas murah dan gratis.


(MEL)