Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bermain ke Pantai Bersama Anak

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Jun 2018 13:21 WIB
keluargatips & trik
Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bermain ke Pantai Bersama Anak
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pergi ke pantai bersama keluarga Anda. (Foto: Carly Rae Hobbins/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu tempat berlibur yang bisa Anda pilih ketika cuaca sedang cerah adalah dengan bermain ke pantai bersama anak Anda. Menikmati sinar matahari, pasir, dan cipratan air di pantai bersama anak-anak adalah cara yang menyenangkan untuk Anda menghabiskan waktu libur bersama mereka. 

Selain itu, menghabiskan waktu bersama keluarga bisa mendekatkan ikatan yang terjalin diantara anggota keluarga. Namun Anda perlu waspada, mengingat mungkin ada beberapa hal yang bisa membahayakan ketika Anda sedang berada di pantai. 

Dikutip dari Huffington Post, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pergi ke pantai bersama keluarga Anda.

(Baca juga: Liburan Praktis dan Ekonomis dengan Stay & Play Make A Splash)


(Gelombang ombak, sekalipun dalam ketinggian yang rendah dapat menerjang anak-anak jika mereka tidak berhati-hati. Untuk itu ajarkan kepada mereka bagaimana caranya menghadapi ombak yang menerjang. Foto: Derek Thomson/Unsplash.com)

1. Jaket keselamatan untuk si kecil
Menurut Palang Merah Internasional, keamanan air di pantai sedikit berbeda dengan keamanan di kolam renang. Bahkan meskipun air tersebut dangkal, bisa menyebabkan terjadinya tenggelam.

Itulah mengapa Organisasi Palang Merah Internasional menyarankan agar anak-anak menggunakan jaket keselamatan selama berenang di pantai. 

2. Ajarkan anak untuk menghadapi ombak
Gelombang ombak, sekalipun dalam ketinggian yang rendah dapat menerjang anak-anak jika mereka tidak berhati-hati. Untuk itu ajarkan kepada mereka bagaimana caranya menghadapi ombak yang menerjang. Ajarkan anak-anak untuk berdiri dengan punggung mereka menghadap ke pantai dan ke arah laut sehingga ombak tidak membuat mereka terkejut. 

3. Perhatikan adanya ubur-ubur
Ubur-ubur dapat membahayakan karena mereka bisa menyengat anak-anak Anda jika tidak berhati-hati. Perhatikan tanda peringatan yang biasanya ada di sekitar pantai dan patuhi tanda peringatan tersebut.

Jika anak-anak terkena sengatan ubur-ubur, segeralah untuk mencari bantuan dari penjaga pantai yang berada di sekitar Anda. 

4. Jangan lupa menggunakan sunblock
Tubuh bayi dan anak-anak kecil tidak dapat menyesuaikan diri dengan panas seperti orang dewasa, sehingga mereka berisiko lebih besar untuk terkena penyakit yang berhubungan dengan panas. 

Menurut American Pediatric Association, "Bayi yang berusia kurang dari 6 bulan harus dijauhkan dari sinar matahari langsung dan tidak langsung karena risiko serangan panas. Khususnya, hindari mengajak mereka bermain di pantai sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang ketika sinar matahari sangat menyengat."





(TIN)