Cegah Pelecehan Seksual pada Anak, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Orang Tua

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Apr 2018 10:54 WIB
keluarga
Cegah Pelecehan Seksual pada Anak, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Orang Tua
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kekerasan atau pelecehan pada anak kecil semakin marak diberitakan. Hal tersebut tentu akan memberi dampak mendalam pada pikiran dan kualitas si kecil karena rata-rata anak cenderung takut menceritakannya dari orang tua. 

Psikolog klinis Arti Shroff memberikan beberapa cara bagi orang tua agar menyadari dan mencegah pelecehan seksual pada anak balita.

1. Sadari perubahan pada anak

Beberapa perubahan perilaku anak dapat menjadi pertanda khusus seperti perubahan suasana hati, tidur, nafsu makan, dan komplain somatik seperti sakit kepala, sakit perut, dan tak nyaman secara emosional. 

2. Pembicaraan khusus

Tekankan pada si kecil bahwa tak ada yang boleh menyentuh bagian tubuh pribadi mereka kecuali orang tua dan dokter. Bila hal tersebut terjadi, mintalah si kecil segera melapor pada Anda. 

3. Perhatikan orang dewasa di sekitar anak

Penting bagi orang tua untuk mengetahui siapa saja yang berinteraksi dengan si kecil. Dengan demikian, predator pun menjadi segan untuk menargetkan anak Anda karena tahu kuatnya ikatan dengan keluarga dan dukungan pada si kecil. Predator biasanya mengincar korban yang kekurangan dukungan sosial dari keluarga dan teman. 

4. Monitor gawai anak

Predator seksual sering kali  mendekati anak melalui media sosial atau percakapan di dunia maya. Oleh karena itu, selalu cek ponsel dan penggunaan internet si kecil dan berikan batasan yang sesuai. 

Lihat video:




(DEV)