Cara Sederhana Menghilangkan Situasi Canggung

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 04 Sep 2017 07:00 WIB
psikologi
Cara Sederhana Menghilangkan Situasi Canggung
Bertanya menunjukkan adanya ketertarikan personal sehingga orang merasa dipedulikan. (Foto: Matthew Henry/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda bertemu dengan seseorang, tak jarang terjadi sebuah situasi aneh yang membuat Anda dan lawan bicara Anda kaku atau canggung. Situasi canggung muncul ketika dua orang atau lebih berada dalam ruangan yang sama namun tak memiliki topik untuk dibicarakan. 

Berikut adalah beberapa tips agar suasana tegang, yang tak tahu harus berkata apa, bisa mencair. 

1. Memikirkan topik
Banyak orang berpikir bahwa untuk membuat orang lain nyaman, sebaiknya dimulai dengan pembicaraan yang menarik atau lucu. Namun, faktanya tak selalu demikian. Interaksi tak harus berwawasan untuk bisa jadi bermakna. Tak perlu berpikir keras tentang topik yang akan dibahas, biarkan saja mengalir. 

Umumnya orang tak mengingat apa saja yang sudah dibicarakan, namun percakapan terus berlangsung. Tak perlu membuat mereka terkesan, jadilah diri Anda sendiri. 



2. Menanyakan sesuatu 
Orang umumnya senang membicarakan diri mereka sendiri, bukan karena egois namun karena itu adalah topik aman yang mereka tahu dengan baik. Oleh karena itu, cobalah menanyakan hal tersebut. 

Bertanya menunjukkan adanya ketertarikan personal sehingga orang merasa dipedulikan. Intinya, cobalah tanyakan hal yang tak hanya berakhir dengan 'ya' atau 'tidak' agar situasi canggung tak lagi muncul. 

(Baca juga: Problematika Psikologis Generasi Milenial)

3. Membicarakan makanan
Ini adalah topik paling umum. Jika Anda sedang makan bersama, membahas makanan adalah cara paling mudah untuk memulai percakapan. Topik bisa diperluas dengan makanan kesukaan atau tempat makan rekomendasi dari lawan bicara. 



4. Mengulang apa yang mereka bicarakan
Pengetahuan yang tak banyak membuat Anda terkadang sulit memberikan opini sehingga berakhir dalam situasi canggung. Salah satu teknik jitu adalah dengan mengulang apa yang dikatakan oleh lawan bicara.

Tak hanya menunjukkan bahwa Anda tertarik atau mendengarkan, namun hal tersebut membuat lawan bicara semakin senang memberikan informasi yang lebih banyak. 

5. Memberitahukan hal kecil tentang diri Anda
Membagikan informasi kecil tentang diri Anda mungkin terkesan aneh, terutama jika memiliki sifat tertutup. Namun, jurus tersebut bisa membuat Anda terlibat dalam pembicaraan santai. 

Meskipun terkesan biasa saja, orang terkadang justru lebih mengingat hal-hal remeh-temeh yang mereka bicarakan dengan rileks. 










(TIN)