6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh Emosional

Torie Natalova    •    Minggu, 04 Jun 2017 10:07 WIB
romansa
6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh Emosional
(Foto: RD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selingkuh tak hanya bisa dilakukan dalam hubungan yang nyata. Ada juga istilah selingkuh secara emosional, yakni pasangan memiliki wanita/pria idaman lain dalam pikirannya.

Selingkuh emosional seringkali terjadi antara sahabat atau rekan kerja di kantor. Meski tidak secara terang-terangan diwujudkan, selingkuh emosional bisa memicu keretakan rumah tangga.

Dampak dari selingkuh emosional secara tak langsung akan mengubah sifat seseorang kepada pasangannya. Sebab itu, waspadai pasangan memiliki "kekasih" yang lain dengan melihat tanda-tandanya sebagai berikut:

1. Aktivitas seksual meningkat atau justru menurun

Perselingkuhan tak selalu ditandai dengan frekuensi hubungan seks yang menurun. Pada orang yang melakukan perselingkuhan emosional, frekuensi hubungan justru bisa meningkat.

Menurut psikoterapis Ginnie Love, pasangan seringkali menjadi penyalur hasrat yang tidak bisa diwujudkan bersama "kekasihnya yang lain."

Untuk mengetahui apakah pasangan Anda tulus, coba perhatikan apakah frekuensi seks yang sering juga diimbangi perlakuan romantis dan sikap sehari-hari yang hangat. Jika tidak, Anda sebaiknya curiga.

2. Dia menjauh

Ketika pasangan telah tertarik pada orang lain, biasanya dia tidak akan terlalu peduli pada Anda. Sikapnya yang menjauh merupakan alarm bahwa ada yang tidak beres pada hubungan Anda.

3. Sikapnya berubah

Selain menarik diri, dia mungkin mulai memuji obsesi barunya dan semakin sering mengkritik Anda. Menurut Ginnie, ini adalah kondisi yang sangat berbahaya karena dia mungkin secara tidak sadar menilai Anda dan membandingkan dengan orang lain serta membayangkan keindahan bersamanya.

4. Kebiasaan menggunakan gadget berubah

Apabila si dia tidak sering mengirimkan pesan lewat gadgetnya, tapi tiba-tiba terpaku pada handphonenya atau menghabiskan lebih banyak waktu di sosial media daripada sebelumnya, ini adalah perubahan perilaku yang menandakan ada sesuatu yang harus Anda curigai.

5. Dia berdebat secara berbeda

Jika Anda mendengar komentar baru dan mengejutkan dari dia sebagai tanggapan atas ketidaksepakatan saat berdebat, ini bisa jadi pertanda dia telah meniru kebiasaan barunya saat berdebat dengan orang lain.

6. Anda mulai merasakan kehadiran orang ketiga

Anda mulai merasakan adanya orang lain dalam hubungan. Misalnya, ia lebih memilih pergi dengan orang lain dan mendengarkan nasihat mereka dibanding Anda, atau dia tidak lagi membagikan sesuatu yang penting kepada Anda. Jika demikian, ini tanda bahwa Anda tidak lagi berada dalam hubungan yang solid.


(DEV)