Kapankah Durasi Menyusui Bayi Mulai Menurun?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 13 Apr 2018 11:36 WIB
perkembangan anak
Kapankah Durasi Menyusui Bayi Mulai Menurun?
"Bayi baru lahir biasanya menyusu sekitar 20 sampai 40 menit, namun ketika sudah berusia tiga bulan, durasi menyusu akan berkurang," ujar Nancy Mohrbacher, penulis buku Breastfeeding Answers Made Simple: A Guide for Helping Mothers. (Foto: Mindy Olson/Uns

Jakarta: Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka durasi menyusui juga akan semakin berkurang. Umumnya, hal itu terjadi ketika bayi menginjak usia 3 bulan. 

"Bayi baru lahir biasanya menyusu sekitar 20 sampai 40 menit, namun ketika sudah berusia tiga bulan, durasi menyusu akan berkurang," ujar Nancy Mohrbacher, penulis buku Breastfeeding Answers Made Simple: A Guide for Helping Mothers. 

Durasi tersebut berkurang drastis menjadi 10 hingga 20 menit, tergantung bayi itu sendiri. Untuk jeda, Mohrbacher memperkirakan sekitar dua atau tiga jam sekali. 

(Baca juga: Amankah Menyusui Saat Hamil?)


("Bayi baru lahir biasanya menyusu sekitar 20 sampai 40 menit, namun ketika sudah berusia tiga bulan, durasi menyusu akan berkurang," ujar Nancy Mohrbacher, penulis buku Breastfeeding Answers Made Simple: A Guide for Helping Mothers. Foto: Sean Roy/Unsplash.com)

Pada usai 6 hingga 10 bulan bayi akan mulai bermain-main dengan aktivitas menyusui. 

"Ia akan menyusu selama dua menit dengan tenang, namun kemudian akan terjadi distraksi seperti melihat ke arah lain dan mulutnya terlepas dari puting," tukas Gina Ciagne, Wakil Presiden Perawatan Kesehatan dan Hubungan Media di Lansinoh Laboratories.

Bayi akan melakukan banyak gerakan yang menandakan bahwa dirinya lebih tertarik dengan lingkungan sekitar daripada fokus pada mengisi perut. 

Untuk mengurangi distraksi tersebut Ciagne menyarankan para ibu mencari tempat yang tenang saat menyusui agar perhatian bayi tak terpecah. 






(TIN)