Nadine Chandrawinata Geram Sering Temukan Sampah Plastik di Laut

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 06 Jun 2018 12:11 WIB
nadine chandrawinata
Nadine Chandrawinata Geram Sering Temukan Sampah Plastik di Laut
Nadine Chandrawinata (Foto: MI/Ramdani)

Jakarta: Aktris sekaligus pegiat lingkungan Nadine Chandrawinata merasa sedih melihat banyaknya sampah plastik yang mengotori alam, terutama laut. Sebagai penyelam, ia mengaku sering menemukan sampah plastik yang menyangkut di terumbu karang. 

"Tak hanya di terumbu karang, bahkan di permukaan laut pun banyak sampah plastik mengambang, dan itu tak enak saat sedang berenang," ujarnya dalam peluncuran gerakan Danone-AQUA #BijakBerplastik, Selasa, 5 Juni 2018.

Oleh karena itu, pemain film Realita, Cinta dan Rock'n Roll (2005) tersebut selalu mengumpulkan sampah yang ia temukan saat sedang menyelam. Ia juga bergabung dalam program #SeaSoldier yang bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih ramah lingkungan. 

Dalam keseharian, Nadine juga berusaha mengurangi sampah plastik dengan tidak menggunakan pelapis plastik di tong sampah. Ia juga memisahkan sampah organik dan non-organik. 

Selain pada diri sendiri, Puteri Indonesia 2005 tersebut juga mengajarkan tentang ramah lingkungan pada orang sekitar, termasuk para keponakan yang merupakan generasi masa depan.

"Saya meminta mereka membuang sampah sendiri supaya tahu berapa banyak sampah yang mereka hasilkan," katanya. 

Berbagai keikutsertaan Nadine untuk menjaga alam tersebut didasarkan pada kesadaran bahwa bumi tidak hanya ditinggali manusia, namun makhluk hidup lain yaitu hewan dan tumbuhan yang perli dilindungi. 

"Secara garis besar, kita (manusia) yang merusak bumi, tapi kita juga bisa menyelamatkannya," tutupnya. 


(DEV)