Pentingnya Mengawasi Jajanan Anak di Sekolah

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:43 WIB
perkembangan anak
Pentingnya Mengawasi Jajanan Anak di Sekolah
"Program Warung Anak Sehat" di SDN 1 Poka, Ambon, Selasa, 28 November 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Raka Lestari)

Jakarta: Mengawasi dan mengontrol pola jajan anak-anak di luar rumah, terutama di sekolah bisa dibilang merupakan hal yang cukup sulit. Apalagi di sekolah anak-anak bebas memilih untuk menentukan jajanan mana yang ingin mereka konsumsi. Dan tidak adanya pengawasan langsung dari orangtua membuat anak-anak merasa bebas memilih jajanannya.

"Begitu banyak anak-anak yang melakukan jajan. Oleh karena itu, sejak tahun 2011 BPOM Maluku concern untuk melakukan pengawasan di sekolah. Hal ini karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa, sehingga harus berkualitas."

"Salah satunya adalah harus makan makanan yang sehat." ujar Kepala Balai POM Maluku, Sandra Linthin dalam acara "Program Warung Anak Sehat" di SDN 1 Poka, Ambon, Selasa, 28 November 2017.


(Edukasi gizi maupun pelatihan kepada penjual atau pengelola kantin sekolah untuk selalu menjual jajanan anak yang sehat. Foto: Metrotvnews.com/Raka Lestari)

(Baca juga: Ini Ciri Jajanan Anak yang Sehat dan Tidak Sehat)

Pola makan atau jajan yang sehat tentunya perlu didukung dengan ketersediaan akses terhadap makanan/jajanan yang aman, bersih dan bergizi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan edukasi gizi maupun pelatihan kepada penjual atau pengelola kantin sekolah.

"Ajaran terkait nutrisi berasal dari rumah. Dan di rumah yang paling terlibat dengan urusan kesehatan kan biasanya ibu-ibu," ujar Talitha Andini selaku Project Manager dalam Program Warung Anak Sehat, di SDN 1 Poka, Ambon.

Dengan menyediakan kantin yang sehat di sekolah-sekolah, anak-anak juga bisa lebih terbiasa dan gemar mengonsumsi berbagai jajanan sehat yang diolah dan disajikan sendiri, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang terjamin pula kebersihan dan kesehatannya.










(TIN)