Gejala ADHD yang Berbeda pada Anak Perempuan

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 14:53 WIB
Gejala ADHD yang Berbeda pada Anak Perempuan
Ketidakmampuan untuk fokus adalah salah satu gejala kunci ADHD. Anak laki-laki dan perempuan harus berjuang untuk memerhatikan sesuatu. (Foto: Uximetc Pavel/Shuttestock)

Jakarta: Orang-orang mungkin berpikir bahwa gangguan hiperaktif dan kesulitan untuk memusatkan perhatian atau ADHD biasa dialami oleh para anak laki-laki saja.

Namun bagaimanapun, para ahli sepakat bahwa anak perempuan memiliki kemungkinan yang sama dengan anak laki-laki untuk mengalami ADHD dan anak perempuan cenderung memiliki gejala ADHD yang berbeda dibandingkan anak laki-laki yang mungkin kurang terlihat pada orangtua dan guru.

Berikut ini adalah gejala-gejala ADHD pada anak perempuan seperti dilansir dari Rd.com:

1. Tidak hiperaktif
"Salah satu gejala klasik dari ADHD adalah tidak dapat diam atau hiperaktif. Jika dibandingkan dengan anak laki-laki, anak perempuan cenderung tidak memiliki gejala hiperaktif," ujar ahli dari Understood.org, Mark Griffin, PhD.

2. Kurang impulsif
Menurut Griffin, anak perempuan cenderung tidak mendapat masalah karena melakukan hal-hal yang impulsif seperti menyambar atau mengambil barang secara paksa.

(Baca juga: Mengenal ADHD, Penyebab Hiperaktif pada Anak)


(Orang-orang mungkin berpikir bahwa gangguan hiperaktif dan kesulitan untuk memusatkan perhatian atau ADHD biasa dialami oleh para anak laki-laki saja. Foto: Maciej Ostrowski/Unsplash.com)

3. Tidak mengganggu
Karena anak perempuan dengan ADHD cenderung tidak hiperaktif dan impulsif, umumnya mereka dianggap tidak begitu mengganggu di sekolah. "Anda bisa mengatakan bahwa anak laki-laki dengan ADHD lebih sering lebih membuat keributan daripada teman-temannya yang perempuan," kata Griffin.

4. Lebih mudah kehilangan fokus
Ketidakmampuan untuk fokus adalah salah satu gejala kunci ADHD. Anak laki-laki dan perempuan harus berjuang untuk memerhatikan sesuatu. Tapi dibandingkan dengan anak laki-laki, kata Griffin, anak perempuan lebih cenderung tampak seperti sedang melamun, menarik diri, atau sulit fokus saat mereka berada di kelas.

5. Lebih banyak bicara
"Anak perempuan dengan ADHD lebih cenderung cerewet dan memungkinkan untuk menyela pembicaraan teman dan keluarga," kata Griffin. Mereka mungkin akan mengganggu percakapan lebih banyak, dan mungkin mereka sulit mengetahui kapan waktu untuk berhenti berbicara.







(TIN)