Ini Alasan Bandara Menggunakan Karpet di Ruang Tunggu

Raka Lestari    •    Senin, 20 Nov 2017 07:00 WIB
Ini Alasan Bandara Menggunakan Karpet di Ruang Tunggu
Karpet memberikan perasaan lembut, nyaman, seperti yang Anda rasakan ketika berada di ruang tamu Anda sendiri. (Foto: Chuttersnap/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi sebagian orang, mungkin sudah terbiasa menghabiskan cukup banyak waktunya di bandara. Entah itu sedang menunggu penerbangan selanjutnya, menunggu delay pesawat, dan berbagai alasan lainnya. 

Disadari atau tidak, nyaris setiap bandara pasti menggunakan karpet pada area tunggu. Ternyata, seperti dilansir dari Reader's digest ada alasan dibalik hal tersebut. 

Sementara pada terminal-terminal, biasanya menggunakan lantai keramik untuk memudahkan penumpang yang membawa barang-barang bawaan dan juga untuk memudahkan petugas untuk membersihkannya, kebanyakan bandara menggunakan karpet untuk melapisi lantainya. Mengapa hal itu terjadi?

Ternyata, penggunaan karpet memang sengaja dipilih untuk memengaruhi suasana hati dan perilaku Anda.

(Baca juga: Tips Agar Karpet Tetap Bersih)


(Karpet berfungsi membantu para calon penumpang merasa sedikit lebih santai. Foto: Worldwide/Shutterstock)

"Karpet memberikan perasaan lembut, nyaman, seperti yang Anda rasakan ketika berada di ruang tamu Anda sendiri," seperti dituliskan MentalFloss. Terutama jika dipadukan dengan langit-langit yang dipasang rendah, pencahayaan alami, dan lounge yang nyaman. Hal tersebut akan membantu para calon penumpang merasa sedikit lebih santai saat mereka sedang menunggu jadwal penerbangan mereka. 

Apa untungnya bagi pihak bandara? Karyawan dan staf maskapai penerbangan cenderung jarang menerima kritikan dari para calon penumpang.

Selain itu juga, menurut perusahaan riset pasar bandara DKMA mengatakan para calon penumpang yang merasa senang dan santai cenderung menghabiskan uang sekitar 7 persen lebih banyak uangnya untuk ritel, dan lebih dari 10 persen untuk barang-barang yang dijual bebas. 









(TIN)