7 Cara Merawat Pernikahan agar Bahagia

Torie Natalova    •    Minggu, 02 Apr 2017 14:47 WIB
romansa
7 Cara Merawat Pernikahan agar Bahagia
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Merawat pernikahan tak cukup dengan memupuk cinta saja. Hal tersebut dapat terlihat dari tingginya angka perceraian akibat persoalan ekonomi dan perbedaan kepribadian.
 

Setiap pernikahan memiliki tantangan, tapi Anda bisa memikirkan setiap tantangan sebagai kesempatan untuk mengarahkan hubungan agar tetap pada jalurnya. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan semua pasangan untuk menjaga pernikahan.

1. Pastikan Anda menghabiskan waktu bersama dengan penuh energi positif, bukan negatif. Penelitian dari psikolog John Gottman dari University of Washington menunjukkan bahwa pasangan yang bahagia dalam pernikahan, lima kali memiliki interaksi yang positif. Mereka akan memilih cara untuk menghentikan konflik dan menikmati waktu bersama satu sama lain dengan melakukan hal yang sederhana.

2. Salah satu cara terbaik untuk menciptakan energi yang positif adalah dengan berbagi apresiasi. Misalnya, sering mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan pasangan atau mengucapkan syukur karena telah memilikinya dalam hidup Anda. Pengakuan Anda seperti ini dapat membantu pasangan merasa dihargai dan terus senang dengan Anda.

3. Luangkan waktu untuk tetap intim bersamanya. Memberikan hadiah pada pasangan bisa berarti Anda memberikan perhatian untuk si dia. Melakukan hal yang sederhana seperti meluangkan waktu berdua dengannya serta berbagi kata penuh kasih, lirikan atau sentuhan, untuk menciptakan koneksi intim yang sakral.

4. Jangan berharap pasangan Anda menjadi sempurna. Sebaiknya, fokus pada kebaikan pasangan Anda daripada kelemahannya. Ini juga merupakan bahan kunci keberhasilan sebuah pernikahan yang bahagia.

5. Jangan berharap pasangan Anda memenuhi semua kebutuhan Anda. Kepentingan bersama adalah yang utama dalam sebuah pernikahan. Tapi, keberhasilan sebuah pernikahan adalah lebih dalam dari sekedar kebutuhan Anda.

6. Menggunakan cara yang penuh kasih dalam mengatasi konflik bisa menghindari hubungan dari perpecahan. Setiap pasangan yang mengalami perbedaan pendapat dan bijaksana menyadari hal tersebut. Mereka dapat mengekspresikan dendam, amarah, atau kekecewaan dengan hati-hati.

7. Komitmen dengan pernikahan anda sangat penting untuk menjalani pernikahan yang sukses. Selalu menghargai bahwa hubungan Anda terus maju dan tidak berharap untuk menjadi sempurna. Penting juga untuk melihat pernikahan sebagai jalan spiritual yang membantu Anda dan pasangan mengembangkan potensi diri.

 


(DEV)