3 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 31 Mar 2017 17:20 WIB
tumbuh kembang anak
3 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak
3 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang tua mengeluh bahwa anak-anaknya tak mau mendengarkan nasihatnya. Padahal petuah orang tua memberikan dampak positif untuk tumbuh kembang dan kehidupan sang anak di masa mendatang.

Seperti misalnya enggan menyikat gigi sebelum tidur, tidak mau makan sayuran atau bahkan terlalu asyik dengan gawainya. Ini adalah hal-hal yang disukai anak-anak, dan ia tak suka bila orang tua memperingatkannya.

Mereka harus mengerti bahwa ada kebiasaan baik yang harus tertanam dalam dirinya. Berikut ini ada 3 kebiasaan baik yang harus diterapkan pada anak semenjak dini.

1. Ajarkan anak untuk peduli kesehatan gigi
Mengajarkan kebiasaan menggosok gigi setelah makan tidaklah cukup, tapi perlu juga untuk menanamkan flossing gigi sehari-hari (membersihkan sela-sela gigi). Lebih dari itu, orang tua harus mendorong anak-anaknya agar memeriksakan giginya ke dokter secara rutin. Selain itu, orang tua perlu mendidik mereka tentang efek buruk terlalu banyak makan permen.

2. Bersosialisasi
Dewasa ini banyak anak yang memilih tinggal di rumah atau kamarnya untuk bermain video game dalam komputer atau gadgetnya. Padahal bermain di luar rumah dan bersosialisasi amat penting bagi kehidupannya. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengajari mereka manfaat dari bersosialisasi dan aktif berkegiatan di luar rumah. Atau ajaklah mereka bermain di taman dan kegiatan outdoor lainnya.

3. Membaca
Membaca merupakan kebiasaan yang terbukti membuat seseorang menjadi cerdas dan berilmu pengetahuan luas. Menenamkan budaya membaca pada anak akan sangat baik baginya, terutama dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan menumbuhkan imajinasinya. Luangkan waktu sejenak untuk membaca bersa,a anak-anak. Berikan bacaan yang menarik, lama kelamaan, mereka akan enjoy, juga merasa ingin membaca lagi dan lagi.


 


(ELG)