Ajarkan Hal Ini agar Anak Tak Minder dengan Tubuhnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Sep 2017 13:53 WIB
keluarga
Ajarkan Hal Ini agar Anak Tak Minder dengan Tubuhnya
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa tak percaya diri terhadap tubuh sendiri tak hanya dialami remaja yang tengah dalam masa pubertas. Bahkan, kini anak-anak pun bisa minder dengan tubuh mereka.

Perasaan rendah diri tersebut tak akan muncul bila orang tua bisa menjelaskan secara baik tentang pentingnya mencintai diri sendiri, secara fisik dan mental. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan para Ayah untuk membuat anak perempuan mereka merasa lebih berharga.

1. Mengarahkan untuk fokus pada penghargaan yang tak berkaitan dengan estetika

Banyak orang senang mendapatkan pujian terkait penampilan. Namun, cobalah memilih pujian yang tepat pada anak perempuan Anda, karena Anda tak tahu seberapa berpengaruhnya komentar Anda pada pikiran mereka.

"Pujilah anak perempuan Anda karena siapa dirinya  bukan karena penampilannya," saran Emmy Brunner selaku pemilik The Recover Clinic.

2. Mulai membicarakan seksisme

Dibandingkan hanya diam melihat adanya ketidaksetaraan di media atau budaya populer, cobalah membicarakannya dengan santai.

"Perlihatkan bagaimana gambaran media dalam merendahkan wanita. Biarkan anak perempuan Anda tahu bagaimana pendapat Anda yang kurang setuju," ujar Brunner.

Jika Anda, sebagai ayah, dapat menjelaskan bagaimana berbahayanya pandangan tersebut, anak bisa memiliki pandangan yang lebih luas dimana ketidaksetaraan tak melulu tentang jenis kelamin.

3. Kesehatan mental adala prioritas

"Tekankan pada anak bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik," ujar Brunner.

Ia menambahkan, menjaga kesehatan fisik dan mental lebih penting dibandingkan memerhatikan bentum tubuh ideal.

4. Tidak perlu diet

Membuat anak perempuan menyadari kecemasan Anda pada bentuk tubuh, akan membuatnya melakukan hal yang serupa secara alami.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekspresi cemas orang tua terhadap bentum tubuh mereka dapat memberi efek negatif pada anak juga. Ketika orang tua mencemaskan bentuk tubuh mereka, maka anak juga akan mempertanyakan nilai estetika mereka sendiri.

5. Jangan membicarakan ketidaksempurnaan tubuh Anda

Pada umumnya, hindari membahas kekurangan tubuh Anda di depan anak. "Anak lebih belajar dari apa yang kita lakukan daripada apa yang kita bicarakan."

"Jadilah contoh sesuai dengan apa yang Anda ingin anak Anda lihat. Hanya karena Anda seorang ayah, bukan berarti Anda tak bisa menjadi model bagaimana berlaku positif untuk tubuh sendiri," terang Brunner.




(DEV)