Kesalahan Umum saat Mengenakan Make up

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 30 Sep 2017 13:08 WIB
kecantikan
Kesalahan Umum saat Mengenakan Make up
Kesalahan Umum saat Mengenakan Make up

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan wanita memakai make up dalam keseharian, entah sebagai tuntutan kerja atau memang hanya kesenangan semata.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam ber-make up menurut perias Maddie Pearce yang menangani para model yang berlenggang di London Fashion Week dan Stacey Whittaker yang biasa mendandani model Vogue dan Elle.

1. Menumpuk bedak
"Ketika orang ingin menampilkan make up yang menawan, mereka sering kali melapisi kulit berkali-kali agar terlihat sempurna. Padahal, kebiasaan tersebut justru membuat bedak tak menempel," kata Pearce.

Penumpukan yang dimaksud adalah tipikal make up, seperti berkilau atau matte. Ia menyarankan agar menggunakan make up yang sesuai dengan kepribadian, tidak meniru siapapun.

"Ada banyak orang yang mencoba mengikuti gaya ber-make up orang lain. Padahal belum tentu cocok. Mereka menggunakan contour yang tak sesuai dengan bentuk wajah, karena hanya mengikuti saja."

2. Tak memerhatikan kesehatan
Wajah kusam yang disebabkan karena kurang konsumsi buah dan sayur tak bisa ditutupi dengan make up saja.

"Make up membuat orang menjadi lebih cantik dan bersinar. Hal tersebut akan semakin terlihat ketika kulit Anda sehat," tukas Pearce.

Ia menyarankan untuk memerhatikan kesehatan kulit dengan cara minum air putih cukup, makan sehat, dan memilih produk yang tepat, bukan yang paling laku.

3. Tidak mencampur dengan sempurna
"Menurut saya, kesalahan paling parah adalah tidak bercampurnya make up dengan tepat. Misalnya, foundation yang meninggalkan kesan bayangan atau garis tipis," tukas Whittaker.

Kemungkinan kesalahan terletak pada alat yang digunakan, busa dan kuas saat mengaplikasikan make up.

"Saya merekomendasikan menggunakan kuas yang keras untuk membuat foundation bercampur. Kuas ini baik untuk produk yang sifatnya krim," tambahnya.

4. Menggambar alis
Pada dasarnya wajah tidak simetris, sehingga hal yang wajar bila dalam menggambar alis pun tidak bisa sama persis.

"Terkadang, jika terlalu sempurna, justru terlihat seperti kartun. Padahal, seharusnya terlihat alami," pungkas Pearce.


(ELG)