Delapan Tahun Berlalu, Lily Allen Masih Berduka Atas Kematian Anak Pertama

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 25 Sep 2018 14:18 WIB
lily allen
Delapan Tahun Berlalu, Lily Allen Masih Berduka Atas Kematian Anak Pertama
Hampir delapan tahun yang lalu kehilangan putra pertama, aktris Lily Allen mengaku masih dirudung duka mendalam. (Foto: Courtesy of Bertrand Rindoff Petroff/WireImage)

Jakarta: Hampir delapan tahun yang lalu kehilangan putra pertama, aktris Lily Allen mengaku masih dirudung duka mendalam. 

Dalam wawancara dengan BBC Radio 4, penyanyi asal Inggris tersebut mengungkapkannya lewat buku memoar terbarunya "My Thoughts Exactly" dan mengingat pengalaman memilukan ketika melahirkan putranya yang masih bayi, George, pada tahun 2010.

"Saya mengalami persalinan dini dan mereka menjahit leher rahim saya untuk mencoba menghentikannya terus berkembang, itu bertahan sekitar satu minggu," ujar wanita berusia 33 tahun tersebut. 

Tiga tahun sebelumnya, Lily pernah mengalami keguguran. Kini ia telah memiliki anak Ethel Mary (6,5 tahun) dan Marnie Rose (5,5 tahun) dengan mantan suaminya Sam Cooper.

"Jahitan tersebut putus dan terjadi persalinan penuh dan bayi sangat-sangat kecil. Ketika saya mengeluarkannya, dokter berkata, 'Tadi ada denyut nadi dan sekarang tidak ada lagi'. Tali melilit lehernya dan dia terlalu kecil," ucapnya.

Ketika ditanya bagaimana ia memulai proses pemulihannya, ia menjawab, "Saya pikir saya tidak akan pernah bisa, sebenarnya."


(Hampir delapan tahun yang lalu kehilangan putra pertama, aktris Lily Allen mengaku masih dirudung duka mendalam. Foto: Courtesy of Independent)

(Baca juga: Vitamin B3 Dapat Mencegah Keguguran dan Cacat Lahir?)

Ia melanjutkan, bagian tersulit adalah kehilangan anak, tertapi persalinan nyata juga memberikan komplikasi. 

"Dia begitu kecil sampai-sampai dia benar-benar terjebak di tengah jalan dan setengah jalan, dan karena kulitnya belum sepenuhnya terbentuk mereka tidak bisa (menggunakan) forsep (untuk) menariknya keluar."

Jadi ada periode sekitar 12 jam di mana si kecil dalam keadaan sekarat di antara kaki Lily, yang membuatnya sangat trauma. 

"Saya mengalami trauma dan saya pikir saya tidak akan pernah benar-benar pulih dari itu."

Setelah kejadian itu, pelantun lagu Smile tersebut kembali hamil meskipun masih mengalami masa-masa sulit setelah kelahiran Ethel. 

"Dia (Ethel) sebenarnya sangat sakit selama delapan bulan pertama hidupnya, dan tiga bulan setelah dia lahir saya kemudian menemukan bahwa saya hamil dengan Marnie," ungkap Lily. 

"Jadi bayi menjadi fokus saya dalam jangka waktu itu."





(TIN)