Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Lebih Tinggi

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 23 Jun 2018 16:55 WIB
keluargapsikologi
Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Lebih Tinggi
Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Lebih Tinggi (Foto: istock)

Jakarta: Tak semua orang memiliki rasa percaya diri tinggi. Namun, dengan beberapa cara, rasa yakin pada diri bisa ditingkatkan.

Berikut adalah beberapa tips mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri dari ahli membantu diri Dr Pam Spurr, seperti dilansir The Independent.

1. Mengurangi jumlah teman
Mungkin terkesan kasar, namun Spurr mengungkapkan bahwa orang yang percaya diri sangat peka terkait pertemanan yang dijalin. Ia menyarankan untuk menjauhi orang-orang yang 'beracun' karena hanya membuat diri sendiri merasa semakin buruk.

Ketika orang-orang tidak mendukung atau meremehkan Anda di depan orang lain, lebih baik tinggalkan.

Tindakan ini cukup sulit jika tipikal orang tersebut adalah anggota keluarga. Spurr merekomendasikan untuk membatasi komunikasi dan menegur bila perilaku kerabat sudah tak bisa ditoleransi.

2. Gunakan intuisi
Menurut Spurr, orang yang percaya diri cenderung percaya dengan intuisi. Mereka tahu ketika mereka merasa nyaman dalam situasi dan ketika mereka tidak sehingga mereka merespons dengan tepat.

"Ini sangat penting karena intuisi bekerja dengan cara yang mungkin tidak disadari secara sadar," Spurr menjelaskan, yang berarti bahwa sebaiknya Anda memperhatikan pikiran intuitif Anda, bahkan jika tampak sedikit aneh pada saat itu.

3. Dengarkan suara hati
Spurr menjelaskan bahwa penting juga untuk fleksibel secara mental.

Ketika rencana tiba-tiba berubah, ia menyarankan untuk tidak panik tetapi bersikap pragmatis untuk menemukan solusi dan beradaptasi dengan cepat.

"Perhatikan suara batin yang memberi tahu Anda: 'Oh tidak, saya tidak bisa mengatasi perubahan ini!' Kamu bisa. Sebuah pendekatan baru yang fleksibel membantu Anda menghadapi rasa takut seperti itu," dia menjelaskan.

4. Jangan bergantung pada orang lain
Hentikan kebiasaan meminta persetujuan orang lain untuk membuat diri merasa lebih baik.

"Jadilah barometer Anda sendiri," saran Spurr, yang menyarankan menghargai diri sendiri untuk pencapaian Anda.

"Dorongan rasa percaya diri terbaik adalah dorongan yang berasal dari dalam diri Anda," katanya.


 


(ELG)