Begini Perjuangan Orang Tua Baru Melewati Tahun Pertama Kelahiran Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Jun 2018 10:47 WIB
tumbuh kembang bayi
Begini Perjuangan Orang Tua Baru Melewati Tahun Pertama Kelahiran Anak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah studi menemukam bahwa orang tua baru rata-rata tidur selama empat jam 44 menit selama satu tahun pertama anak lahir. 

Selama 12 bulan pertama si kecil, ibu dan ayah mengalami penurunan tidur sebanyak 59 persen, yang setara dengan tidak tidur selama 50 malam dalam satu tahun. 

Kebanyakan orang tua menghabiskan 54 menit per hari untuk menidurkan bayi, yang jika diakumulasikan sebanyak 14 hari dalam setahun. 

Selain itu, orang tua biasanya berjalan sekitar tiga kilometer setiap siang dan malam ketika berusaha menenangkan anak yang terus menangis dengan menggendongnya sambil berjalan-jalan. 

Studi tersebut menyebutkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi hubungan pada pasangan, dimana bayi umumnya bangun hingga tiga kali dalam semalam pada usia awal. 

Lebih dari dua pertiga orang tua Inggris mengaku bertengkar dengan pasangan akibat durasi tidur yang terganggu sejak kelahiran si kecil. 

Studi yang digagas oleh produk teknologi Simba tersebut juga menemukan bahwa 23 persen orang yang disurvei mengaku berperilaku tak biasa pada tahun pertama kelahiran anak. 

Sebanyak 11 persen berhalusinasi tentang sesuatu yang tak ada, sementara 44 persen benar-benar lupa apa yang akan mereka katakan di pertengahan kalimat. Delapan persen partisipan lupa nama bayi mereka. 

Enam puluh persen mengenang masa tahun pertama anak sebagai sesuatu yang luar biasa, dimana mereka ternyata sanggup melaluinya. Pada awal-awal bulan, sepertiga orang tua baru percaya bahwa susu hangat adalah hal mujarab yang bisa menenangkan bayi. 

Kemudian, 32 persen merasa cara terbaik membuat bayi terlelap adalah dengan menimangnya, sementara satu dari lima orang memberikan selimut untuk membuat si kecil tetap nyaman. 






(DEV)