Hal-hal yang Tak Boleh Dilakukan jika Si Kecil Mengalami Sleep Regression

Raka Lestari    •    Kamis, 03 May 2018 06:29 WIB
perkembangan anak
Hal-hal yang Tak Boleh Dilakukan jika Si Kecil Mengalami Sleep Regression
Menurut Dr Feuerstein ketika anak Anda mengalami sleep regerssion jangan berikan obat-obatan untuk membuat mereka tertidur. Hal ini karena bisa berdampak negatif pada mereka. (Foto: Nathan Burrows/Unsplash.com)

Jakarta: Sleep regression adalah suatu kondisi di mana bayi terbangun di tengah malam dan sulit untuk bisa tidur kembali. Menurut Baby Center, sleep regression adalah "periode di mana bayi atau anak-anak terbangun sesaat dan tidak bisa kembali tidur seperti sebelumnya." 

Ada banyak alasan mengapa bayi mengalami sleep regression ini, mulai dari alasan fisiologis sampai kondisi suhu yang ada di ruangan sehingga membuat bayi menjadi tidak bisa tidur nyenyak. 

Dan jika itu yang terjadi, berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap bayi Anda ketika mengalami sleep regression dilansir dari Romper.com. 

1. Jangan biarkan mereka tidur di tempat tidur Anda
Dr Ken Feuerstein, seorang dokter anak di New York mengatakan bahwa sesekali bisa mengajak anak atau bayi Anda tidur bersama di kasur Anda. Namun secara umum, sebaiknya bayi atau anak-anak tidak tidur di tempat tidur bersama Anda.

(Baca juga: Mengatasi Tantrum Saat Si Kecil Mau Tidur)


(Bayi masih belum bisa membedakan antara malam hari dan siang hari, sehingga mereka juga belum mengerti mengenai waktu isitrahat Anda. Foto: Laura Lee Moreau/Unsplash.com)

2. Jangan menghukum mereka
Bayi masih belum bisa membedakan antara malam hari dan siang hari, sehingga mereka juga belum mengerti mengenai waktu isitrahat Anda. 

Dr Feuerstein menyarankan untuk menggunakan pendekatan yang lebih positif kepada anak-anak misalnya seperti memberikan pelukan jika mereka bisa tidur tepat waktu. 

3. Jangan biarkan mereka sendiri 
Dr Feuerstein menyarankan jika anak Anda menangis untuk jangka waktu yang lama, pergilah secara berkala dan jangan lupa untuk memeriksakan bayi Anda.

Dia mengatakan untuk mengeceknya selama beberapa menit dan kemudian pergi. Ini akan memberi mereka rasa aman. Tetapi jangan terlalu lama membiarkan mereka menangis. 

4. Jangan memberikan obat-obatan 
Menurut Dr Feuerstein ketika anak Anda mengalami sleep regerssion jangan berikan obat-obatan untuk membuat mereka tertidur. Hal ini karena bisa berdampak negatif pada mereka. 

5. Jangan panik 
Ketika anak Anda mengalami sleep regression ini, tidak perlu panik dan percaya bahwa ini semua akan berakhir. Dan percaya bahwa siklus tidur anak Anda pun akan kembali normal. 




(TIN)