Shafira Hadirkan Nuansa Kota Bandung di Indonesia Fashion Week 2018

Raka Lestari    •    Jumat, 30 Mar 2018 21:56 WIB
indonesia fashion week 2018
Shafira Hadirkan Nuansa Kota Bandung di Indonesia Fashion Week 2018
Shafira Hadirkan Nuansa Kota Bandung di Indonesia Fashion Week 2018 (Foto: dok. instagram)

Jakarta: Ajang Indonesia Fashion Week 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) sejak tanggal 28 Maret - 1 April 2018, tidak hanya mengusung tema modern pada setiap pertunjukan busana yang diadakan. Namun juga menyisipkan sentuhan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Bandung.

Dengan mengusung tema “Ngabaraga” salah satu brand yang menjadi pelopor busana muslim tanah air yaitu Shafira memilih tema tersebut pada pagelaran IFW 2018.

Pada koleksi IFW 2018, Shafira bersinergi dengan Pemerintah Kota Bandung dengan menampilkan 60 koleksi busana muslim. Menurut salah satu tokoh budaya Bandung Alm. Haryanto Kunto, asal muasal kata Braga berasal dari Bahasa Sunda, "Ngabaraga" yang artinya tempat untuk bergaya, nampang, atau nongkrong.

"Pada sequence pertama suasana yang ingin dibangun itu suasana tahun 20-an. Yang ingin ditampilkan itu kesan vintage dengan gaya yang lebih kolonial. Sedangkan pada sequence kedua yang ingin ditampilkan wanita-wanita Bandung yang cantik makanya pada segmen kedua warna yang ditampilkan lebih ke warna-warna pastel dengan detail bunga kecil dan diberi kristal," ujar Sethyawan, sebagai head of designer dari Shafira di acara Indonesia Fashion Week 2018 yang diadakan di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 30 Maret 2018.

Ia juga menambahkan, "Bandung itu memang berbeda dengan kota-kota lain misalnya Yogyakarta atau Bali yang kuat dengan tradisi. Kita tidak mengangkat tradisi Jawa Barat tapi mengangkat gaya urban style-nya. Yaitu Bandung yang kreatif.”

 


(ELG)