4 Cara Mengelola Keuangan dengan Pasangan yang Boros

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:06 WIB
keuangankeluarga
4 Cara Mengelola Keuangan dengan Pasangan yang Boros
Jika Anda berada di sisi yang selalu berhati-hati dan menjaga setiap pengeluaran, maka Anda perlu mengendalikan pasangan sebelum Anda ‘bangkrut’. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Dalam kebanyakan hubungan terdapat pihak yang berperan sebagai spender (pemboros) dan pihak satunya sebagai saver (penghemat).

Jika Anda berada di sisi yang selalu berhati-hati dan menjaga setiap pengeluaran, maka Anda perlu mengendalikan pasangan sebelum Anda ‘bangkrut’. Dan berikut kiat-kiat terbaik untuk membantu mengelola keuangan dengan pasangan yang boros.

1. Potong kartu kredit, lunasi, dan potong kartu kredit
Kartu kredit adalah hal terburuk bagi seseorang yang hanya bisa melakukan pembayaran minimum setiap bulannya. Dalam dunia ideal, Anda seharusnya hanya memiliki kartu kredit jika Anda bisa melunasi seluruh jumlahnya bukan hanya mengikis pembayaran minimum.

(Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan)


(Jika Anda berada di sisi yang selalu berhati-hati dan menjaga setiap pengeluaran, maka Anda perlu mengendalikan pasangan sebelum Anda ‘bangkrut’. Foto: Pixabay.com)

2. Anggaran
Jika pasangan Anda adalah seseorang yang boros, di mana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, berikan anggaran bersama, bayar litrik misalnya untuk mereka selesaikan. Dari hal tersebut pasangan akan belajar bagaimana bertanggung jawab pada keuangan.

3. Simpan 
Daripada menunggu untuk melihat apa yang tersisa pada akhir setiap bulan lebih baik masukan uang ke tabungan segera setelah Anda menerima gaji ataupun uang bulanan dari pasangan. Hal ini akan menghindari Anda dari godaan diskon di awal bulan.

4. Kendalikan
Dalam skenario terburuk, Anda atau saver, mungkin harus mengambil kendali penuh atas keuangan. Namun tetap atas persetujuan kedua belah pihak.









(TIN)