Jangan Anggap Sepele, Ayah Berperan Penting dalam Keberhasilan Menyusui

Rosa Anggreati    •    Senin, 26 Mar 2018 16:03 WIB
air susu ibu
Jangan Anggap Sepele, Ayah Berperan Penting dalam Keberhasilan Menyusui
Breastfeeding Expert Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, FABM (Foto:Youtube Johnson`s Baby)

Jakarta: Bicara mengenai proses menyusui, tidak hanya hubungan antara ibu dan bayi. Ayah, meskipun tak memiliki payudara, memiliki peran penting dalam keberhasilan menyusui.

Ada banyak alasan bagi seorang ayah untuk mendukung ibu menyusui. Yang utama adalah karena menyusui merupakan cara terbaik memberi makan bayi. Air susu ibu (ASI) mengandung perpaduan nutrisi sempurna, dan bayi yang disusui menikmati sejumlah manfaat, yaitu berkurangnya risiko obesitas dan alergi, serta meningkatkan kecerdasan.

Menyusui juga gratis, tidak memerlukan persiapan atau pembersihan, dan merupakan cara yang baik bagi seorang ibu untuk menjalin ikatan dengan bayinya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang ayah untuk mendukung ibu menyusui seperti dijelaskan oleh Breastfeeding Expert Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, FABM, sebagai berikut.

1. Menenangkan bayi yang rewel

Ayah dapat membantu ibu menenangkan bayi yang rewel dengan menggendongnya, memeluk, mengajak menyanyi, atau membaca buku. Dengan cara ini pula dapat meningkatkan jalinan ikatan ayah dengan anak. 

2. Menjaga bayi

Ibu yang sedang menyusui mesti dijaga kondisi psikologisnya agar tidak stres dan lelah. Hal ini supaya ASI dapat lancar mengalir. Untuk memberi waktu ibu beristirahat, ayah sebaiknya bergantian menjaga bayi. Misalnya, memandikan, menggantikan popok bayi, atau mengajak jalan-jalan menggunakan stroller.


(Foto:Youtube Johnson's Baby)

3. Menidurkan bayi

Pada tengah malam setelah bayi menyusu dan belum mau tidur, dianjurkan jika ayah yang menidurkan bayi, sementara ibu beristirahat. Menidurkan bayi di lengan ayah sangat baik dilakukan karena memberikan bayi rasa dicintai.

Ayah dan ibu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai pemberian ASI eksklusif melalui konten video yang disediakan Johnson's Baby Indonesia. Konten bersumber langsung dari para praktisi kesehatan profesional yang terpercaya.

Sebanyak 25 konten video "Terbaik bagi Bayi" disediakan Johnson's Baby Indonesia dalam rangka merayakan ulang tahun ke 125. Video dibuat bekerja sama dengan tenaga ahli kesehatan sebagai bentuk apresiasi kepada ibu di seluruh Indonesia.

Konten video tersebut diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan yang paling sering dicari para ibu milenial, yaitu seputar menyusui, perkembangan bayi baru lahir, makanan bayi, milestone bayi, dan kehamilan. Anda bisa langsung melihatnya di sini.

Istimewanya lagi, Anda bisa memanfaatkan promo rangkaian produk Johnson's Baby di Shopee. Jangan sampai terlewatkan, hanya untuk periode 1-31 Maret 2018. 
  getcraft


(ROS)