10 Cara Alami Obati Depresi Setelah Melahirkan

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 27 Dec 2017 14:24 WIB
depresi
10 Cara Alami Obati Depresi Setelah Melahirkan
Beberapa ibu mengalami depresi 4 hingga 5 hari setelah melahirkan, beberapa lainnya mungkin mengalaminya lebih awal. (Foto: Ben Blennerhassett/Unsplash.com)

Jakarta: Sekitar 70 hingga 80 persen ibu baru mengalami semacam perasaan buruk setelah kelahiran anak mereka. Ini dikenal sebagai depresi setelah melahirkan. Perasaan ini sangat umum di kalangan kebanyakan wanita yang mengalami perubahan suasana hati setelah melahirkan.

Kebanyakan wanita memiliki perasaan tidak mampu (merawat anak) dan kesedihan mendalam, yang bisa berubah menjadi depresi berkepanjangan. Harus diketahui, depresi postpartum ini dapat menghambat hubungan antara ibu dan anak.

Beberapa ibu mengalami depresi 4 hingga 5 hari setelah melahirkan, beberapa lainnya mungkin mengalaminya lebih awal. Gejala depresi setelah melahirkan meliputi insomnia, sering menangis, merasa tertekan, kelelahan, kecemasan, perubahan kebiasaan makan, dan lain-lain.

Depresi setelah melahirkan harus ditangani segera. Dilansir dari Boldsky, Rabu, 27 Desember 2017, berikut 10 cara alami mengatasi depresi setelah melahirkan.

1. Meminta bantuan

Kebanyakan ibu tidak mau meminta pertolongan karena malu. Jika merasa sulit, Anda perlu berbicara bisa dengan keluarga atau teman terdekat. Mereka akan menawarkan bantuan dalam merawat bayi Anda untuk sementara waktu. Sedangkan Anda bisa memiliki waktu untuk melakukan hal lain, seperti beristirahat.

2. Tidur

Hampir semua ibu yang baru melahirkan sulit tidur nyenyak, karena merawat bayi cukup sulit. Saat Anda lelah karena kurang tidur, ini akan berkaitan dengan suasana hati. Saat bayi tidur, Anda bisa mengambil sedikit waktu istirahat untuk menghindari depresi.

3. Berjalan-jalan di luar

Hal ini sangat penting bagi para ibu untuk memahami bahwa berjalan-jalan di luar akan menyegarkan pikiran Anda. Jangan mengurung diri di dalam rumah. Berjalan sebentar dengan anak Anda untuk merasakan udara segar dan terpaan sinar matahari, akan menjauhkan Anda dari depresi.

4. Olahraga

Olahraga bersifat terapeutik dan merupakan pengobatan alami bagi wanita yang menunjukkan tanda-tanda depresi setelah melahirkan. Jika Anda tidak bisa olahraga di luar, ambil DVD aerobik dan mulailah berolahraga di dalam rumah. Anda juga bisa yoga untuk menenangkan pikiran dan mental.

5. Makanan adalah obat

Konsumsi makanan padat nutrisi sebanyak mungkin untuk membantu memulihkan diri dari depresi setelah melahirkan. Mengonsumsi makanan kaya protein akan membantu menstabilkan mood dan akan mendongkrak produksi serotonin. Anda juga bisa mengonsumsi makanan berlemak omega-3 untuk mengobati depresi pascamelahirkan.

 6. Meditasi

Meditasi adalah cara lain untuk mengobati depresi setelah melahirkan. Ambil waktu 20 menit dari jadwal harian Anda. Meditasi akan menyingkirkan pikiran negatif dan membuat Anda bertahan dalam keadaan santai dan tenang.

7. Terus tertawa

Tertawa benar-benar obat terbaik. Untuk menjaga diri dalam suasana hati yang lebih baik, tonton pertunjukan komedi atau sitkom favorit Anda. Ini akan membawa aura positif dari dalam diri Anda dan akan membuat Anda bahagia.

8. Minyak atsiri

Minyak atsiri atau minyak esensial dan minyak aromatik bisa mengobati depresi setelah melahirkan. Ada berbagai jenis minyak esensial yang akan membantu memerangi kecemasan dan depresi.

Minyak atsiri, seperti lavender dan chamomile, dapat membantu menenangkan pikiran yang tertekan. Anda bisa menyemprotnya di udara atau ditempatkan di wadah sebagai aromaterapi.

 9. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik kesehatan holistik dan digunakan sebagai pengobatan depresi. Banyak dokter yang merekomendasikan akupunktur sebagai pengobatan untuk mengobati depresi setelah melahirkan. Karena hal ini dapat membantu mengurangi stres, menyeimbangkan hormon, dan meredakan kecemasan setelah kehamilan.

10. Luangkan waktu berkualitas untuk diri sendiri

Bila Anda memiliki bayi, Anda benar-benar lupa menghabiskan waktu berkualitas untuk diri Anda sendiri. Untuk pulih dari depresi setelah melahirkan, penting untuk menghabiskan beberapa waktu untuk diri sendiri. Berpakaian dan bergaul dengan teman juga merupakan cara lain untuk mengobati depresi setelah melahirkan.


(TRK)