Sering Mengobrol Membantu Menjaga Emosional Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Oct 2017 11:38 WIB
perkembangan anak
Sering Mengobrol Membantu Menjaga Emosional Si Kecil
Sebagai orangtua, Anda harus memastikan bahwa anak tak hanya sehat secara fisik, namun juga mental. Berbagai hal yang terjadi dalam rumah dapat memberi efek pada kondisi psikologis si kecil. (Foto: Shopping for Time)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai orangtua, Anda harus memastikan bahwa anak tak hanya sehat secara fisik, namun  juga mental. Berbagai hal yang terjadi dalam rumah dapat memberi efek pada kondisi psikologis si kecil. 

Berikut adalah beberapa tips dari psikolog klinis Dr. Kamna Chibber dari Fortis tentang bagaimana harus bersikap pada anak. 

Pertama, pastikan anak berada dalam lingkungan yang baik. Membuat anak merasa aman adalah salah satu cara menjaga kesejahteraan emosional anak secara keseluruhan. Pada usia dini, paparkan anak dengan hal-hal positif. 



Selain itu, hindari pembicaraan kontroversial yang mengarah pada ketidaksetujuan dengan anak-anak. Karena anak-anak masih kecil dan masih belum terlalu mengerti dengan banyak hal, mereka akan merasa bingung dan ketakutan. 

(Baca juga: Unik, Pakaian Ini Bisa Membesar Mengikuti Perkembangan Anak)

Jika ketidakcocokan terjadi, jangan berpura-pura semua baik-baik saja. Bicarakan dengan mereka hal yang membuat Anda berdua berselisih paham sehingga rasa takut anak hilang dan mereka merasa aman. 

Yakinkan anak untuk berbagi pikiran mereka dengan Anda atau masalah yang sedang dihadapi. Tanyakan apakah ada hal yang mengganggu mereka dan buatlah mereka merasa nyaman bercerita dengan Anda. 

Pada dasarnya, anak seharusnya merasa didukung. Teruslah berbicara dengan mereka dan ingatkan bahwa apapun yang mereka rasakan adalah normal. 











(TIN)